THE INTENTION TO SWITCH CONVENTIONAL BANK CUSTOMERS TO DIGITAL BANKS DEVELOPMENT IS SUCCESS MODEL
Keywords:
System Quality, Information Quality, Service Quality, Gender, Switch IntentionAbstract
This study aims to determine the effect of system quality, information quality, service quality, and gender on the intention to switch BCA customers. The population used is BCA customers in 2023. The samples taken in this study were 100 consumers. Sampling using purposive sampling. Data analysis using multiple regression analysis. The results showed that system quality, information quality and service quality had a positive and significant effect on switching intentions. And gender has no effect and is not significant on switching intentions.
Downloads
References
Antasari, A. S., Kertahadi, K., & Riyadi, R. (2013). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bontang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 1(2), 1–9.
Asyifa, N. N. (2020). Pengaruh Kaualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) Universitas Brawijaya. Sarjana Thesis, Universitas Brawijaya.
B. Romney, S. & Steinbart, P. J. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat.
Chuang, Y.-F., & Tai, Y.-F. (2016). Research on customer switching behavior in the service industry. Management Research Review, 39, 925–939. https://doi.org/10.1108/MRR-01-2015-0022
Dedali, S. H. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel “Aneka Motor Service” Waru - Sidoarjo. JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 144–152. https://doi.org/10.33319/jeko.v11i1.103
Dhinata, D., & Dewi, N. (2014). Peran Gender Dalam Memoderasi Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Rama Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(8), 243157.
Santoso, I. H., Nurcholis, L., & Kartika, E. (2020). Intention To Use Mobile Banking Application: Gender-Based. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 203-211.
Fadhil, M., & Fachruddin, R. (2016). Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Penggunaan Internet Banking (Studi Empiris pada Nasabah Bank Umum di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi Unsyiah, 1(2), 264–276.
Fitria, A., Munawar, A., & Pratama, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Banking, Mobile Banking Dan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.406
FoEh, J. E. H. ., & Aini, R. T. N. (2023). Pengaruh Periklanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening pada Produk Teh Botol Sosro di Tokma Cibitung (Studi Kajian Pustaka). 4(3), 587–597.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.
Ilhamalimy, R. R. (2020). Determinasi Minat Beli Online Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(1), 70–80. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i1.308
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke. 9. Erlangga.
Layongan, C., Nangoi, G. N., & Kalalo, M. K. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Software SAP terhadap Kepuasan Pengguna pada PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 5(2), 309–322.
LM, S. L., & Rusdiana, A. (2020). Peran Kepuasan Pelanggan Pada Hubungan Kausalitas Antara Kualitas Layanan Terhadap Niat Beralih (Studi Pada Pengunjung Hotel Fitra Majalengka). Urnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 1, 1–14. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur/article/view/883/551
Nariranti, O., Nurdiwaty, D., & Kurniawan, A. (2022). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Menunjang Efektifitas Pengendalian Internal Pemberian Kredit Pada Bank Mandiri Cabang Kediri. April, 202–214.
Pratiwi, F., & Adhivinna, V. V. (2014). Pengaruh Risiko, Manfaat dan Kemudahan Penggunaan terhadap Kepercayaan Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking di Yogyakarta (Studi Kasus pada Nasabah Mandiri). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 11(9), 387–466.
Priyatno, D. (2014). Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss. Mediakom.
Putra, R., Aprila, N., Marietza, F., & Hatta, M. (2020). Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Analisis Kredit. Jurnal Akuntansi, 10, 245–260. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.3.245-260
Putranto, I. D., & Perdhana, M. S. (2018). Kepemimpinan Berdasarkan Gender: Efektifitas dan Tantangan. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/viewFile/22386/20528
Saeroji, A., Maskur, A., & Tjahjaningsih, E. (2015). Pengaruh Norma Subjektif dan Kontrol Prilaku yang Dipersepsikan terhadap Niat Pinjam Kur Mikro (Studi pada Nasabah Bri di Pati).
Rakhmawati, S., & Isharijadi, I. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 2(2), 71. https://doi.org/10.25273/jap.v2i2.1200
Rukmiyati, N. M. S., & Budiartha, I. K. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Klabat Accounting Review, 1(2), 1. https://doi.org/10.31154/kar.v1i2.475.1-11
Setyo, B. D., & Rahmawati, D. A. (2015). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Serta Kinerja Pengguna Sistem Informasi. Efektif Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 47–59. https://stienas-ypb.ac.id/jurnal/index.php/jdeb/article/download/321/305
Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 157–168. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1236
Simamora. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.
Tjahjaningsih, E., Nanda, G. O., Marlien, R. A., & Cahyani, A. T. (2022). The Effect of Promotion, Store Atmosphere and Service Quality on Purchase Decision: The Covid-19 Pandemic. Journal of Economics and Public Health, 1(1), 19-30.
Subardi, L. (2018). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Digital Di Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 40–51. https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.475
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (kedua ed). ALFABET.
Susanto, A. (2013). Sistem Informasi Akuntansi, -Struktur-Pengendalian-. Resiko-Pengembangan. Lingga Jaya.
Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi.
Taufiq. (2013). Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar, Analisis dan. Metode Pengembangan. Graha Ilmu.
Sari, Devi Cornelia, and R. A. Marlien. "Pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada nasabah tabungan Bank BNI Syariah Cabang Semarang)." (2019).
Wara, S. L., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “GOODWILL,” 12(1), 38–50.