EXAMINING THE IMPACT OF TANGIBLE RESOURCES, KNOWLEDGE MANAGEMENT AND HUMAN RESOURCES COMPETENCE ON EMPLOYEE PERFORMANCE
Keywords:
Performance, Tangible Resource, Knowledge Management, Human Resources, CompetenceAbstract
This study aims to investigate the effect of Tangible Resources, Knowledge Management, and Human Resources Competence on employee performance in the banking industry. The research method used is a quantitative method using multiple linear regression to analyze the data. The research sample consisted of 69 employees of BUMN Banks in Jakarta. the research results show that Tangible Resources and Knowledge Management have a significant influence on employee performance. Knowledge Management also has a significant influence on employee performance. However, the research results show that Human Resources Competence has no significant effect on employee performance. The research findings provide practical implications for the management of banking organizations in managing their resources. Appropriate investment in Tangible Resources and effective management of knowledge through Knowledge Management can improve employee performance. In addition, it is important for organizations to pay attention to and develop individual employee competencies in the context of Human Resources Competence.
Downloads
References
I. P. Nuralam, Manajemen Hubungan Pelanggan Perbankan Syariah Indonesia. Deepublish, 2018.
M. Kuncoro, Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif di Era Industri 4.0. Penerbit Andi, 2020.
B. Yusuf and M. N. R. Al Arif, Manajemen sumber daya manusia di lembaga keuangan syariah. Rajawali Pers, 2015.
F. N. Rivai, V., Veithzal, A. P., & Idroes, “Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah,” Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah. p. 300, 2007.
N. Fonna, Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia, 2019.
D. Iskandar, “Strategi peningkatan kinerja perusahaan melalui pengelolaan sumber daya manusia dan kepuasan kerja dan dampaknya terhadap produktivitas karyawan,” J. Ilm. Bisnis Dan Ekon. Asia, vol. 12, no. 1, pp. 23–31, 2018.
A. Darda, A. Rojikun, and Y. Yusuf, Anteseden Kinerja Pegawai, 1st ed. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2022.
N. Omang and A. W. Haddade, “Kepemimpinan dan Budaya Islam dalam Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Insani Perbankan Syariah di Tengah Persaingan Perubahan Teknologi,” J. Iqtisaduna, vol. 8, no. 2, pp. 1–16, 2022.
T. Wikaningrum, “Praktek dan kebijakan manajemen sumber daya manusia pada perbankan syariah,” J. Siasat Bisnis, vol. 15, no. 1, 2011.
H. Riniwati, Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press, 2016.
R. A. Sabil and S. E. S. Pd, Efikasi Diri Membangun Kesuksesan dalam Manajemen Perbankan. Nas Media Pustaka, 2023.
L. Bismala, S. Handayani, and D. Andriany, Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI, 2018.
I. D. G. S. A. Yadnya, M. A. SE, and Ch. MM, Berbagai Faktor Bagi Peningkatan Kinerja Pegawai. Feniks Muda Sejahtera, 2022.
S. E. Rismawati and S. E. Mattalata, Evaluasi Kinerja: Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan, vol. 1. Celebes Media Perkasa, 2018.
M. M. Nurfitriani, Manajemen Kinerja Karyawan. Cendekia Publisher, 2022.
D. Gary, Human resource management. Pearson Education India, 2020.
H. Handoko, “Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi Yogyakarta: BPFE,” 2011.
G. R. Ferris et al., “Human resources reputation and effectiveness,” Hum. Resour. Manag. Rev., vol. 17, no. 2, pp. 117–130, 2007.
H. Bernardin, Human Resource Management. An Experiental Approach, Sixth. . New York: McGraw-Hill Companies, 2013.
F. N. D. Fatimah, Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan. Anak Hebat Indonesia, 2017.
S. Akbar, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan,” JIAGANIS, vol. 3, no. 1, 2018.
I. N. Suardhika, Model Strategi Bersaing Berbasis Sumberdaya Bagi Usaha Kecil Dan Menengah. CV. AZKA PUSTAKA, 2021.
I. G. K. Purnaya and S. H. SE, Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Andi, 2016.
S. Larasati, Manajemen sumber daya manusia. Deepublish, 2018.
P. Purwohandoko, “Pengaruh Tangible Resource Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Wilayah Sidoarjo, Surabaya & Pasuruan,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 11, no. 2, pp. 134–143, 2009.
S. Sukrin and I. Ilham, “Pengaruh Sumberdaya Berwujud Terhadap Kinerja Pemasaran Yang Dimediasi Oleh Keunggulan Bersaing Studi Pada Bank Tabungan Negara Kota Baubau,” Manag. Insight J. Ilm. Manaj., vol. 16, no. 1, pp. 1–20, 2021.
Ahadiat, “Peran Sumberdaya Berwujud dan Tidak Berwujud Dalam Pergeseran Kelompok strategik Pada Industri Perbankan Di Indonesia.” Universitas Gadjah Mada, 2012.
B. Andre, F. Ratna, and C. Haris, Knowledge Management: Strategi Mengelola Pengetahuan Agar Unggul di Era Disrupsi. Gramedia Pustaka Utama, 2018.
B. Lestari, T. Alhabsji, E. S. Astuti, and S. Idrus, Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur. Universitas Brawijaya Press, 2013.
D. J. Priansa, “Pengaruh Manajemen Pengetahuan dan Manajemen Bakat Terhadap Kinerja Organisasi dan Dampaknya pada Citra Organisasi Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung (Studi Terhadap Persepsi Dosen PTS di Kota Bandung),” Artic. J. Ilmu Manaj. Dan Bisnis• March, 2012.
I. Z. Adhari, Optimalisasi Kinerja Karyawan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management & Motivasi Kerja, vol. 1. CV. Penerbit Qiara Media, 2021.
R. C. Nisa, E. S. Astuti, and A. Prasetya, “Pengaruh Manajemen Talenta Dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Surabaya),” J. Adm. Bisnis, vol. 39, no. 2, 2016.
K. Kardo, S. Wilujeng, and D. Suryaningtyas, “Pengaruh Manajemen Talenta Dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan Di Transformer Center Kabupaten Batu,” J. Ris. Mhs. Manaj., vol. 8, no. 1, 2020.
C. F. P. Laoh, “Pengaruh manajemen pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja terhadap kinerja pegawai (studi kasus pada PT. National Nobu Bank area Manado),” J. Berk. Ilm. Efisiensi, vol. 16, no. 4, 2016.
A. Latief, N. Nurlina, E. Medagri, and A. Suharyanto, “Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap terhadap Kinerja Karyawan,” JUPIIS J. Pendidik. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 11, no. 2, pp. 173–182, 2019.
N. Callista, “Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tresnamuda Sejati Cabang Surabaya,” Agora, vol. 4, no. 2, pp. 45–50, 2016.
M. Fadhil, “Pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada balai latihan kerja industri Makassar,” Perspekt. J. Pengemb. Sumber Daya Insa., vol. 1, no. 1, pp. 70–81, 2016.
M. Pattiasina, M. Roring, and W. Rumawas, “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Tabungan Negara, Tbk. Kantor Cabang Manado,” J. Adm. Bisnis, vol. 4, no. 2, 2016.
Sugiyono, Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2016.
L. M. Spencer and P. S. M. Spencer, Competence at Work models for superior performance. John Wiley & Sons, 2008.