PROMOTIONAL STRATEGY ANALYSIS OF PT BNI SYARIAH MATARAM BRANCH IN ATTRACTING THE INTEREST OF IB HASANAH SAVINGS CUSTOMERS

Authors

  • Erly Janwariyana Magister Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muh. Azkar Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Promotion, iB Hasanah Savings, PT BNI Syariah Mataram Branch

Abstract

This research aims to find out how the promotion strategy of PT BNI Syariah Mataram Branch is to attract the interest of iB Hasanah Savings customers. PT BNI Syariah Mataram Branch is a sharia-based financial institution. In promoting its products, especially iB Hasanah Savings products. Companies operating in the service sector, such as Bank BNI Syariah Mataram Branch, use four types of promotional tools, namely: Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, and Publicity. This research is qualitative research that is descriptive qualitative in nature, trying to describe the research results obtained in the field. The type of data used in this research is primary and secondary data with the data sources used consisting of, Customer Service (CS), Fund Collection Sales, iB Hasanah Savings Customers, with data collection techniques used by researchers in the form of Non-Participant Observation, Interviews structured, and Documentation. The data obtained is then processed in the form of words which are then expressed in the form of a description or narrative. The results of this research are that the promotional strategy used by PT BNI Syariah Mataram Branch to Attract the Interest of iB Hasanah Savings Customers consists of four promotional tools, namely; Advertising (Advertising), Sales Promotion (Sales Promotion), Personal Selling (Personal Selling), and publicity (Publicity). This promotional strategy gives strength to Bank BNI Syariah Mataram Branch to compete with other banks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Ghofur Anshori, Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2009

Abdul Aziz Abdul Rauf, Al-Qur’an dan Hafalan Mudah Terjemahan dan Tajwid Warna. Bandung: Cordoba, 2017.

Abdul Ghofur Anshori,“Sejarah Perkembangan Hukum Perbankan Syariah di Indonesia dan Implikasinya Bagi Praktik Perbankan Nasional”. Al-Riba, Vol. II, No. 2, Desember 2008.

Abu Muhammad Dwiono Koesen Al Jambi, Ayo ke Bank Syariah. Karawang: Persembahan BNI Syariah.

Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga, 2012.

Ahmad Baihaqi Zaini, Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarih Hidayatullah Jakarta, Jakarta,2013.

Ali Hasan, Marketing dan Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Amena Kristiani Sitanggung dan Wahyu Ario Protomo, Jurnal Ekonomi dan Keuangan “Analisis Tingkat PemahamanMasyarakat Terhadap Produk Keuangan Di Beli Serdang (Studi Kasus Tanjung Morawa)”. JurnalEkonomi dan Keuangan,Vol. 2 No.7.

Anis Rahayustika, “Analisis Strategi Pemasaran BMT Al-Ikhwan Suralaga Kecamatan Suralaga Lombok Timur Dalam Menarik Minat MasyarakatUntuk Menjadi Nasabah Pada Pembiayaan Mudlarabah. Skripsi, FEBI UIN Mataram, Mataram, 2017.

Antonius Atosokhi Gea, “Time Manajemen: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efesien”, Humaniora, Vol.5 No.2 Oktober 2014.

Basu Swastha, Manajemen Pemasaran; Analisis Perilaku Konsumen.Yogyakarta: BPFE, 2008.

BNI Syariah “Sejarah”, dalam Http://www.bnisyariah.co.id/id-id/perusahaan/ tentangbnisyariah/sejarah, diakses tanggal 9 Januari 2020, pukul 08:30

BNI Syariah, “Produk Pembiayaan”, dalam Http://www.bnisyariah.co.id/id- id/personal/pembiayaan/konsomer. diambil tanggal 3 Maret 2020, pukul 23:54.

BNI Syariah, “Produk Pendanaan”, dalam Http://www.bnisyariah.co.id/id- id/personal/pendanaan/bniibhasanah, diambil tanggal 25 Februari 2020,pukul 10:20.

BNI Syariah, “Visi dan Misi”, dalam Http://.bnisyariah.co.id/perusahaan/ tentangbnisyariah/visimisi, diambil tanggal 10 Januari 2020, pukul 09:59

Brosur Produk Dana PT Bank BNI Syariah Cabang Mataram. Mataram, 16 Januari 2020. Brosur Produk Dana Pembiayaan Konsumtif PT Bank BNI Syariah Cabang Mataram.Mataram, 16 Januari 2020.

Buchori Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfa Beta, 2000. Depag RI, Al-Qur-an dan Terjemahannya Mushaf Al-Imron Edisi Wanita.Bandung: Fitrah Rabbani, 2011.

Ikhya Ulumiddin, Al-Qur’an dan Terjemahan Dilengkapi Panduan Waqaf dan Ibtida’. Jakarta: PT Suara Agung, 2018.

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

Iskandar Wassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013. Kasmir, Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media, 2004.

M.Nur Rianto Al-Arif, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: ALFABETA, 2012.

Marius P. Anggapior, Dasar-Dasar Pemasaran edisi II. Jakarta: PT RajaGrapindo Persada, 2002.

Mega Fareza Dellamita, Achmad Fauzi DH, dkk, Jurnal Administasi Bisnis (JAB) “Penerapan Personal Selling (Penjualan Pribadi) Untuk Meningkatkan Penjualan”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 9 No. 2 April 2014.

Mawardi, “ Pengaruh Promosi Tabungan Bank Sumsel Babel Syariah Terhadap Minat Menabung Mayarakat Kota Palembang”, Al-Tijary, Vol. 4, No. 1, Desember 2018

Mia Lami Wardiah, Dasar Dasar Perbankan. Bandung: Pustaka Setia, 2013. Mohammad Ali, Memahami Riset Perilaku dan Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara,2014.

Muhamad, Sistem Bagi Hasil dan Pricing Bank Syariah.Yogyakarta: UII Press, 2016. Pasal 1 Undang-Undang Perbankan Syariah Renanda Iman Cahya, “Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Masyarakat Bertransaksi di Bank Syariah. Skripsi, Febi UIN Raden Intan Lampung, Lampung, 2018.

Rusmiati,“Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL Fattah Sumber Mulyo”.Utility, Vol 1,No.1,februari 2017.

Sanwani,“Strategi Penghimpunan dan Penyaluran Dana Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al-Hidayah Kabupaten Lombok Timur”.Justicia Islamica, Vol 14 No.1 Tahun 2017.

Siti Aminah, “Tinjauan Islam terhadap Konsep dan Strategi Promosi Perusahaan Provider Telekomunikasi di Makasar”. Skripsi, Universitas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makasar, Makasar, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2016. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya., 2011 Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2017

Siti Maro’ah, M. Anang Firmansyah, dkk. Marketing Syariah, Jawa Timur: Qiara Media, 2019

Tati Handayani dan Muhammad Anwar Fathoni, Manajemen Pemasaran Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2012.

Veronika.“Pengaruh Iklan dan Brend Image Terhadap Minat Beli Konsumen, Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta, 2016.

Yudrik Jahja, Psikologi Perkembangan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Erly Janwariyana, & Muh. Azkar. (2023). PROMOTIONAL STRATEGY ANALYSIS OF PT BNI SYARIAH MATARAM BRANCH IN ATTRACTING THE INTEREST OF IB HASANAH SAVINGS CUSTOMERS. Jurnal Ekonomi, 12(04), 2470–2477. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/3540