Analysis of electronic word of mouth (e-wom), price, and product quality on purchase decisions at skintific

Authors

  • Putri Dwi Rahayu Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i01.3660

Keywords:

e-WOM (Electronic Word of Mouth), Price, Product Quality, Purchase Decision

Abstract

This research aims to analyze and test electronic word of mouth, specifically regarding price and the quality of a Skintific product, in influencing the decision to purchase. Data collection efforts involved distributing questionnaires through the application of Google Forms. The research applied data analysis through validity testing, reliability testing, classical assumption testing, multiple linear regression analysis, and t-testing with the assistance of the SPSS application. The results indicate that the variables of electronic word of mouth and product quality have an influence on consumer decisions to make a purchase. However, the variable of price itself does not have an impact on consumer purchase decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajijah, J, H., dan Selvi, E. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Perangkat Desa. Jurnal Manajemen, 13 (2), 283.

Anjani, N. D., & Setiawan, H. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TIKTOK LIVE SHOPPING (Studi pada Generasi Z di Wilayah Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5.

Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific: Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(3), 247–258.

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(2), 215–221.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Atila, C. W., Dalimunte, A. A., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Azarine Di Kota Medan. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 110–117.

Compass. (2022, November 01). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas RP 10 Miliar. Comppas.co.id. https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/ (diakses pada 09 Oktober 2023 jam 16.49).

Dewi, N, M, P., Imbayani, G, A., dan Ribek, P, K. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing terhadap keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS, 2 (2), 32

Erdawati., Endarwita., dan Widiasari, R. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare (Studi Kasus Generasi Y di Lubuk Sikaping). Journal of Social and Economics Research. 5 (1), 187.

Firmansyah, F., Haryanto, M. M., & Rudy, D. R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa: Peningkatan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan. Duta Media Publishing.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Gunawan, D., dan Pertiwi, A, D. (2022). Pengaruh Label Halal, Electronic Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image dan Brand Trust. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8 (01), 816.

HRD Maklumatkerja. (2023, July 24). Profil Perusahaan Skintific. Maklumatkerja.com. https://maklumatkerja.com/profil-perusahaan-skintific/ (diakses pada 12 November 2023 jam 16.12).

Kotler, dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid I,disi 13. Jakarta. Erlangga.

Kotler, Philip., dan Armstrong, Gerry. (2016): Prinsip - Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, M. A., & Santika, I. W. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepeda Motor Honda Vario 125 Di Kota Denpasar. Udayana University.

Nafsyiah, H., Fauzi, R. U. A., & Setiawan, H. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DESAIN KEMASAN, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND SKINCARE SKINTIFIC (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5.

Ningsih, P, W., Savitri, C., dan Faddila, S, P. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Bening’s Pada Marketplace Shopee Di Kalangan Mahasiswa Kab. Karawang. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7 (1), 1592.

Putri, M, O., dan Sabardini, S, E. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra merek Sebagai Variabel Intervening (Kasus Produk Skincare Whitelab Pada Masyarakat Di Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis, 4 (1), 3.

Rahmawan, G., dan Hidayat, R. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Pengguna Tokopedia. JEBI Jurnal Manajemen, 12 (2), 228.

Rahmahyanti, R. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1143–1151.

Ramadhan, A, J., Febrianta, M, Y. (2022). Pengaruh Social Media Usage dan Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bahan Bakar Pertamax Pertamina (Studi Kasus di Bandung Raya). SEIKO: Journal of Management & Business, 6 (1), 467.

Ramadhani, H.,dan Anggrainie, N. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Equity, Viral Marketing, Brand Ambassador, Review Produk, dan Customer Relationship, Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific di Tiktok Shop. Mufakat Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2 (4), 704.

Robiah, D, W., dan Nopiana, N. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME: Journal of Management, 5 (1), 433.

Sari, T, P., dan Ambrdi. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, dan, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote. JAMMI-Jurnal Akuntasi UMMI, 4 (1), 24.

Sintia, W. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Social Commerce Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2019-2020).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Cv.

Sujarweni, V, Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tonce, Y., dan Rangga Y, D, P. (2022). Minat dan keputusan Pembelian Tinjauan Melalui persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep dan Studi Kasus). Indramayu: Penerbit Adab.

Wartono, T, P, I., dan Utami, R, A. (2023). Pengaruh e-WOM Terhadap Niat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Dalam Produk Skincare Skintific. Economics Business Finance and Entrepreneurship.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Dwi Rahayu, P., & Sukaris, S. (2024). Analysis of electronic word of mouth (e-wom), price, and product quality on purchase decisions at skintific. Jurnal Ekonomi, 13(01), 633–642. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i01.3660