DIGITILAIZING GROCERY WARE TECHNOLOGY AS A COMMUNITY ECONOMY DRIVER

Authors

  • Diky Budiman Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Karimun
  • Dina Fara Waidah Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Karimun
  • Mey Krisselni Sitompul Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Karimun
  • Asa Bintang Kapiarsa Fakultas Sains dan Teknologi , Universitas Karimun

Keywords:

Digitalizing, Economy, Grocery

Abstract

This study aims to dig deeper into the use of technology that can be used by grocery shop entrepreneurs using the literature study method. The results obtained from this study indicate that grocery stalls still use manual or conventional methods, in order to be able to compete in modern times, there are four things that can be done in a form of digitizing grocery stalls. The four things, included are as follows; 1). Making a grocery shop web, 2). Grocery shop application design, 3). Technology-based sales data processing, 4). Payments or transactions are made using digital wallets. Digitalization is expected to be able to increase buying and selling activities at grocery stalls, to make them more effective and efficient, so that it can boost the people's economy.

Downloads

References

Liputan6.com. (2022, 23 Februrari). Kehadiran 3,6 Juta Toko Kelontong Bawa BerkahBagi Ekonomi Indonesia. Diakses pada 01 Oktober 2022, dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/4895543/kehadiran-36-juta-toko-kelontong-bawa-berkah-bagi-ekonomi-indonesia

Bi.go.id. Karya Kreatif Indonesia 2022. Diakses pada 01 Oktober 2022, dari https://www.bi.go.id/id/KKI2022/Default.aspx

L. A. Putri dan D. Antoni, “Manajemen Warung Rakyat Pintar Berbasis Teknologi Informasi,” J. Nas. Ilmu. Kom., vol. 2, no4, 2021, doi: https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v2i4.539

Koran Jakarta. (2022, 28 Oktober). Info Menarik Bagi UMKM, Warung Kelontong Di Digitalisasi Raih Omzet Rp2 Juta Sehari. Diakses pada 30 Oktober 2022, dari https://koran-jakarta.com/info-menarik-bagi-umkm-warung-kelontong-di-digitalisasi-raih-omzet-rp2-juta-sehari

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” J. Pend., vol. 6, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Undang- Undang No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM

E. E. Novenina, Abdullah, “Persepsi Masyarakat Terhadap Warung Kelonotong Di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung,” vol.4, no.3, 2017, ISSN: 2355-9375

Nurlisa, Suryani, Ismaulina, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Toko Kelontong Di Kabupaten Aceh Utara,” vol. 4, no.1, 2021, doi: https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.294

E. L. Marit, Dkk, “Pengantar Ilmu Ekonomi,” Yayasan Kita Menulis., Cetakan 1, Februrari, 2021, ISBN: 978-623-6840-82-5

I. Putong, “Economics: Pengantar Mikro Dan Makro,” Jakarta: Mitra Wacana Media, 2010., ISBN: 978-602-8856-18-8

B. Tejokusumo, “Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial,” J. Geoedukasi., vol III, no. 1, 2014, ISSN: 2550-1321

M. Kambali, “Pemikiran Karl Marx Tentang Struktur Masyarakat (Dialektika Infrastruktur dan Suprastruktur,” J. Pem. dan Pen. Eko. Islam., vol. 8, issue. 2, 2020, doi: https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v8i2.154

N. Asaniyah, “Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi,” BuletinPerpustakaan., no 57, 2017

I. A. W. Juni, “Pengaruh Sistem Digital Dan Keamanan Arsip Terhadap Efisiensi Waktu Kerja Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar,” J. Admin. Pub., 2017, doi: https://doi.org/10.22225/pi.2.2.2017.81-90

Kominfo.go.id. (2022, 30 Agustus). Aplikasi Digital Berdayakan Warung Kelontong. Di akses pada 01 Oktober 2022, dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/44238/aplikasi-digital-berdayakan-warung-kelontong/0/artikel

R. Andita, P. Nurul, Dkk, “Analisis dan Sitem Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Obat Di Apotek Generik,” J. Edu. Dan Pen. Infor., vol.2, no.1, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v2i1.15463

B. Nurdewanto, F. A. Nugroho, “Wbsite”E-Tokel” Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Kelontong Sari Nugraha Malang,” SENASIF, 2020, ISSN: 2598-0076

H. Abdurrahman, A. R. Riswaya, “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bakti,” J. Comp & Bis., vol.8, no.2, 2014, doi: http://dx.doi.org/10.55281/jcb.v8i2.114

M. Z. Akbar, M. A. Nur, M. F. Sabana, dan T. Tanjung, “Perancangan Aplikasi Kasir Berbasis Website Pada Toko Sembako Menggunakan Metode Waterfall,” J. Ilmu Kom. dan Sci., vol. 1, no, 8, 2022, ISSN: 2828-2442

Megawaty, I. Nurani, “Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan Pada Toko Sembako Umar Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),” J. Ilmiah Ind., vol. 7, no. 9., 2022, doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.9378

R. Sulistyowati, L. S. Paais, R, Rina, “Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital,” J. Eko, Manaj, Dan Akun., vol.4, no.1, 2020, doi: https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.323.g307

I, Kumala, I. Mutia, “Pemanfaatan Aplikasi Domet Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa,” SEMNAS RISTEK., 2020, E-ISSN: 2527-5941

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Budiman, D., Waidah, D. F., Mey Krisselni Sitompul, & Asa Bintang Kapiarsa. (2022). DIGITILAIZING GROCERY WARE TECHNOLOGY AS A COMMUNITY ECONOMY DRIVER. Jurnal Ekonomi, 11(03), 871–876. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/783