Application Of Digital Tourism Technology In Efforts To Increase The Tourism Attractiveness Of Kampung Batik Laweyan Surakarta City

Authors

  • Widyantoro Yuliatmojo Universitas Surakarta
  • Ariza Fitria Maharani Universitas Surakarta

Keywords:

Digital tourism, attraction enhancement, kampoeng Batik Laweyan

Abstract

Surakarta is famous for its many interesting attractions, ranging from culture, history, to culinary. One of the destinations that should not be missed is Kampoeng Batik Laweyan, a cultural heritage and famous batik home industry tour in Indonesia. As a favorite tourist destination for local and foreign tourists, Kampoeng Batik Laweyan continues to innovate by utilizing digital technology. This effort was made by Kampoeng Batik Laweyan Development Forum (FPKBL) to increase tourist attraction. The author uses descriptive research with a qualitative approach. This research examines how the application of digital tourism technology in Kampoeng Batik Laweyan. The results show that FPKBL utilizes various digital platforms, such as websites and social media, to provide the latest information about Kampoeng Batik, including contact persons to facilitate communication with visitors. The application of digital technology has proven to be effective in increasing the tourism attractiveness of Kampoeng Batik Laweyan. It shows that the combination of tradition and digital innovation can be the key to success in developing an attractive and sustainable tourist destination.

Downloads

References

Peraturan daerah kota surakarta nomor 13 tahun 2016 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah.

Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan.

E. Zainal Abidin, Analisa Sistem Informasi. Al- Fath Zumar. 122 Hal. Tanggerang. 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. 334 hal. Bandung. 2009.

Matthew B. Miles & A. Michael Huberma, Analisis Data Kualitatif. UI Press. 490 hal. Jakarta. 2014.

Bhahri, Syamsul. E-Tourism Dalam Pengenalan Sektor Pariwisata Berbasis Android Di Kota Makassar. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi. Vol. 10, No. 1. 2021.

Krisma, Elia. Daya Tarik Dan Strategi Komunikasi Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan Solo Dalam Upaya Mempertahankan Wisata Lokal. Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial dan Informasi. Volume 8. No.3. 2527-9173. 2023

Kusumawidjaya, Eris Dkk. Kajian Ethno Wellness Sebagai Daya Tarik Wisata Heritage (Studi Kasus Badui Luar, Banten), Jurnal Pariwisata Dan Budaya. Volume 14 Nomor 1. 2655-5433. 2023.

Nursetiawan, Irfan. Analisis sistem informasi manajemen pemerintah daerah kabupaten ciamis dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. Jurnal MODERAT. Volume 4 Nomor 3. 2018.

Pradiatiningtyas, Diah. Pemasaran online melalui e-tourism, bauran pemasaran jasa pariwisata dan pemosisian untuk promosi pariwisata daerah di indonesia. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. 5, No. 2.2014

Saniati, Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International journal of community service learning. Vol. 6, No22. 2022.

Saputra, Putu David Adi. Pemanfaatan Digital Marketing dalam Mempromosikan Destinasi Pariwisata, Volume 4 Number 1. 345-353. 2023.

Soelistijadi. Sistem informasi pariwisata berbasis web : studi kasus fasilitas penginapan di wilayah propinsi yogyakarta. Dinamika informatika. Vol.7 No. 1. 2015

Yanti, Dewi. Analisis strategi pengembangan Digital tourism Sebagai promosi pariwisata di toba samosir. Jurnal Darma Agung. Vol. 27, No. 1. 2019

Fathur Roji, Hadi. 2023. Analisis promosi pariwisata kabupaten merangin melalui pemanfaatan digital marketing. Skripsi. Fakultas hukum universitas jambi.

Nagari, mareta puspa. 2019. Peran digital tourism dalam pengembangan kampung wisata jodipan. Skripsi. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Pratama, Ade Egan. 2022. Analisis Implementasi Program Wisata Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeriraden Intanlampung

Kominfo, 18 Agustus 2015, saatnya kembangkan potensi pariwisata Indonesia, Diakses pada 15-10-2023 (https://www.kominfo.go.id/content/detail/5640/saatnya-kembangkan-potensi-pariwisata-indonesia/0/infografis)

Bayu Jatmiko Adi, 06 Juli 2023, di dukung Telkom kampoeng batik Laweyan solo bertransformasi di era digital, Diakses pada tanggal 18 oktober 2023 (https://bisnis.solopos.com/didukung-telkom-kampung-batik-Laweyan-solo-bertransformasi-di-era-digital-1677234.)

BPPKPD, 21 Februari 2022, Strategi Pemasaran Digital bagi Destinasi wisata , diakses pada tanggal 19 oktober 2023. (https://www.bppkpd.com/strategi- pemasaran-digital-bagi-destinasi-wisata/)

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Yuliatmojo, W., & Maharani, A. F. (2024). Application Of Digital Tourism Technology In Efforts To Increase The Tourism Attractiveness Of Kampung Batik Laweyan Surakarta City. Jurnal Multidisiplin Sahombu, 4(01), 99–111. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/JMS/article/view/4916