The Influence of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction of SGM Milk Products in Palembang
Keywords:
Product Quality, Price, Consumer SatisfactionAbstract
This study aims to analyze the Influence of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction with SGM Milk Products in Palembang. This research uses a descriptive quantitative method with a sample of 100 respondents. The sample in this study consists of consumers (parents, siblings, or other family members) who purchase SGM Milk products at G&G Milk Store, MM Jaya Indah Kertapati, Toko Miring, Toko Restu Embun, and Toko Intan.The data analysis method uses non-probability sampling, quota sampling, and multiple regression with the SPSS version 26 tool. Based on the research results, it shows that the variables of Product Quality and Price have a significant and positive partial and simultaneous effect on Consumer Satisfaction with SGM milk products in Palembang.
Downloads
References
Abdullah, M. (2020). KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN CITRA MEREK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. PENERBIT LPPM.
Abubakar, R. (2019). Manajemen Pemasaran (S. Mahdi (Ed.)). ALFABETA.
Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. ALFABETA.
Angka Stunting di Indonesia. (2024). Kementerian Kesehatan. https://dinkes.papua.go.id/menkes-budi-soroti-lambatnya-penurunan-angka- stunting-di-indonesia/#:~:text=Berdasarkan data Kementerian Kesehatan%2C angka,yang sebesar 21%2C6 persen.
Annur, C. (2023). Merek Susu Formula yang Paling Sering Digunakan Konsumen Indonesia, SGM Teratas. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/02/merek-susu-formula- yang-paling-sering-digunakan-konsumen-indonesia-SGM-teratas
Bahri, S. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis lengkap dengan Teknik Pengeolahan Data SPSS (Erang Risanto (Ed.)). ANDI.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran ( Dasar dan Konsep) (Q. Media (Ed.)). CV. Penerbit Qiara Media.
Hantono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS (Fiona (Ed.)). PT. Penerbit Mitra Grup.
Hasil Sensus Penduduk (SP2020) pada September 2020 mencatat jumlah penduduk sebesar 270,20 juta jiwa. (2020). Badan Pusat Statistik. terus mencatatkan pertumbuhan jumlah,sebanyak 278%2C7 juta jiwa pada pertengahan 2023. Hingga Pertengahan 2023, Jumlah Penduduk Indonesia Tembus 278 Juta Jiwa. (2023). Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI). ttps://kkijateng.or.id/hhingga-pertengahan-2023-jumlah-penduduk-indonesia- tembus-278-juta-
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN&KEPUASAN PELANGGAN . 2019.
Keller, K. (2020). Manajemen Pemasaran. Indeks.
Kristanto, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen, Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A Karsan Bandung. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(1), 13–22. https://doi.org/10.21831/jim.v19i1.50173
Metodologi Survey. (2024). Top Brand Award.https://www.topbrand- award.com/metodologi-survei
Noor, S., & Utami, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Susu Frisian Flag Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt. Triyanto Sukses Mandiri (Terlaksana Group) Gedebage Bandung. Jurnal Co Management, 2(2), 246–257. https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i2.118
Priansa, D. (2021). PERILAKU KONSUMEN. ALFABETA.
Purwoko, S., & Haryana, A. (2021). Pengaruh Kemasan, Kualitas Dan Harga Produk Susu Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan PT. Dwimitra Usaha Global. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 10(2), 117–126. https://doi.org/10.52643/jam.v10i2.1130
Rendra Alfian Ardiansyah, & Tony Susilo Wibowo. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Susu Indomilk Di Kecamatan Wonokromo Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 338–346. https://doi.org/10.36456/jsbr.v1i1.3002
Rizaty, M. (2023). Data Proyeksi Jumlah Kelahiran di Indonesia hingga 2023. https://dataindonesia.id/varia/detail/data-proyeksi-jumlah-kelahiran-di- indonesia-hingga-2023
Shojiki, F., Situmorang, U., Kurniawaty, E., Kunci, K., Produk, K., Produk, H., & Pelanggan, K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk Susu terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Frisian Flag Indonesia ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1(1), 1–7. https://bmabersama.or.id/index.php/JEM
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. ALFABETA. Susu SGM, Merek Unggulan Para Ibu di Tahun 2020. (2020). SIGMA RESEARCH INDONESIA. https://sigmaresearch.co.id/susu-SGM-merek- unggulan-para-ibu-di-tahun-2020/
Thabroni, G. (2022). Brand (Merek): Pengertian, Komponen, Tujuan, Manfaat, Fungsi, dsb. Serupa.Id. https://serupa.id/brand-merek-pengertian-komponen- tujuan-manfaat-fungsi-dsb/