DESCRIPTION OF THE DURATION OF DEVICE USE ON ASTHENOPIA INCIDENCE IN SMP N 1 PADANG STUDENTS DURING ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Authors

  • Nia Putri Universitas Baiturrahmah Padang
  • Yusti Siana Universitas Baiturrahmah Padang
  • Laura Zeffira Universitas Baiturrahmah Padang
  • Dian Puspita Universitas Baiturrahmah Padang
  • Mhd Nurhuda Universitas Baiturrahmah Padang

DOI:

https://doi.org/10.54209/jurnaleduhealth.v12i02.155

Keywords:

Duration Of Gadgets, Incidence Of Asthenopia

Abstract

The impact of the Covid-19 pandemic on the world of education is the change in the learning process from an offline system to an online learning system which aims to keep the learning system implemented. Gadgets are an indispensable tool to connect to the internet network connection so that the online learning system can take place. Objective: To describe the duration of gadget use with the incidence of asthenopia in students at SMPN 1 Padang in 2021.Methods: The scope of this research is the scope of eye health disciplines. The research was conducted in March-November 2021. The type of research is descriptive. The affordable population in this study were all students of SMP N 1 Padang using 117 samples using a total sampling technique. Univariate data analysis is presented in the form of frequency distribution and percentage with data processing using SPSS version 24.0 program. Results: The most gender is female, namely 84 people (71.8%), the most type of gadget is smartphone/android, namely 111 people (94.9%), the duration of most gadget use is >4 hours, namely 113 people (96.6% ), the entire incidence of asthenopia was not asthenopia, namely 117 people (100.0%).

References

Ria Y, Umi H. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2020;2(3):232-43.

Ahmad Ramadhan Asif, Farid Agung Rahmadi. Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Usia 11-12 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 2017;6(2):148-57

World Health Organization. Visual Impairment and Blindness. WHO; 2014 [cited2019Sep08].Availablefrom: http://www.who.int/entity/mediacentre/factsheets/fs282/en/index.html

Pertiwi, M.S., Sanubari, T.P.E., & Putra, K.P. Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai dan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. 2018; 3(1):28-34

Navarona, An Nisa Intan. Hubungan Antara Unsafe Action Dalam Penggunaan Gadget dengan Keluhan Subyektif Gangguan Kesehatan Mata Pada Murid Sekolah Dasar Islam Tunas Harapan. Skripsi. Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro. 2016

Nafolion Nur Rahmat, Al Munawir, Saiful Bukhori. Duration of Gadget Usage Affects Eye Fatigue in Students Aged 16-18 Years. Health Notions. 2017;1(4):335-40

Kemenkes RI. Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Tiga Motif Anak Menggunakan Internet. 2017

APJII.2020. Laporan Survei Internet APJII. Diperoleh 15 Juli 2021, dari https://apjii.or.id/survei2019x/download/S3yoYgbacqNtp2OijBkKZL6UQAxHFf

Martha Arizona, Bahtera Bin David Purba, Pretty Lestari Gultom. Hubungan Lamanya Bermain Game Online dengan Keluhan Kelelahan Mata pada Siswa SMA negeri 1 Deli Tua Kecamatan Deli tua Kab. Deli serdang. Institut Kesehatan Deli Husada Delitua. Jurnal Penelitian Kesmasy. 2020; 3(1): 43-50

Simbolon, Roy Vanbasten. Hubungan Intensitas Pencahayaan dan Lama Paparan Radiasi Monitor Computer dengan Keluhan Kelelahan Mata pada Pekerja Pengguna Computer di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. 2017

Juschella J, Sumakul, Sylvia R. Marunduh, Diana V. D. Doda. Hubungan Penggunaan Gawai dan Gangguan Visus pada Siswa SMA Negeri 1 Kawangkoan. ebiomedik. 2020; 8(1):28-36

Porotu’o, L.I., Joseph, W.B.S., Sondakh, R.C. Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Tajam Penglihatan pada Pelajar Sekolah Dasar Katolik Santa Theresia 02 Kota Manado. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. 2015;4(1):31-39

Sundus, M. The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety. 2018; 7:1-3

Nadia F. Husnun A. Hubungan Akomodasi Insufisiensi dan Astenopia pada Remaja di Jakarta Barat. Jurnal Biomedika dan Kesehatan.2018;1(1):10-17

Kim DJ, Lim CY, Gu N, Park CY. Visual Fatigue Induced by Viewing a Tablet Computer with a High-resolution Display. Korea: Dongguk University Ilsan Hospital;2017.

Sheppard AL, Wolffsohn JS. Digital eye strain: prevalence, measurement and amelioration. BMJ Open Ophthalmol. 2018;3(1):1-10

Chusna, Puji Asmaul. Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian. 2017; 17(2):315-330

Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi elektronik. 2008. Diperoleh 19 Juni 2021, dari https://kbbi.web.id/gadget.html

APS. Smartphone Rakyat Indonesia. 2017. Diperoleh 17 Mei 2021, dari https://ristekdikti.go.id/kabar/smartphone-rakyat-indonesia/.

KOMINFO.2020. Terjadi Pergeseran Penggunaan Internet Selama Masa Pandemi. Diperoleh 31 Mei 2021, dari https://kominfo.go.id/content/detail/26060/terjadi-pergeseran-penggunaan-internet-selama-masa-pandemi/0/berita_satker

Pew Research Center. Smartphone Ownership is Growing Rapidly Around the World, but No Always Equally. (Cited 2019 Aug 19) Available from: https://www.pewresearch.org/global/2019/02/05/smartphone-ownership-is-growing-rapidly-around-the-world-but-not-always-equally/

Yudono Y. TEMPO.CO. Survei Kepemilikan Smartphone, Indonesia Peringkat ke-24.[Cited2019Aug20] Available from: https://tekno.tempo.co/read/1181645/survei-kepemilikan-smartphone-indonesia-peringkat-ke-24

Andriana K P, Rozalina L, Djohar N. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Penurunan Kualitas Penglihatan Siswa Sekolah Dasar. Global Medical and Health Communication.2018;6(1):28–33

AOA. Computer Vision Syndrome [internet]. USA: American Optometric Association;2017[disitasi tanggal 9 Juli 2021].Tersedia dari: Http//www.aoa.org/patients-and-publics/caring-foryourvision/protecting-your-vision/computer-vision-syndrome

Vaughan et al. Optalmology Umum. 2013. Edisi 17: Widya Medika

MS Smitha. Asthenopia. Kerala Journal Opthalmology. 2012; 26:40-3

Abdur Rahman Assagaf, Carmila L Tamtelahitu, Halida Rahawarin. Hubungan Tingkat Kecanduan Bermain Online Game dengan Tingkat Astenopia pada Mahasiswa FK Pattimura. Pattimura Medical Review. 2020; 2(2):145-60

Jeffrey Chandra, Erlani Kartadinata. Hubungan antara durasi aktivitas membaca dengan astenopia pada mahasiswa. Jurnal Biomedika dan kesehatan. 2018; 1(3):185-90

Andi Surayya Mappangile. Analisis Keluhan Kelelahan Mata pada Pekerja Pengguna Komputer. Jurnal Ilmiah Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan. 2018; 4(1):1-11

Manuel AP Vilela et al. Asthenopia in schoolchildren. Clinical Ophthalmology. 2015; 9:1595-603

Nadia Fernanda, Husnun Amalia. Hubungan akomodasi insufisiensi dan astenopia pada remaja di Jakarta Barat. Jurnal Biomedika dan kesehatan. 2018; 1(1) :10-17

Ilyas H. Ilmu Penyakit Mata (5th ed). Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2014

Melati aisyah permana et al. Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Computer Vision Syndrome (CVS) pada Pekerja Rental Komputer di Wilayah Unnes. Unnes Journal of Public Health. 2015; 3: 48-57

Verywell Health. An Overview of Eye Strain (Asthenopia). 2020. Diperoleh 1 Juni 2021, dari https://www.verywellhealth.com/do-you-suffer-from-asthenopia-or-tired-eyes 3421982#:~:text=Asthenopia%20(eye%20strain)%20is%20a,dark%20circles%20of%20your%20eyes).

M. Sopiyudin Dahlan. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Edisi 3. Salemba Medika.2010

Fauzia T A S, Rani H. Faktor Risiko Terjadinya Computer Vision Syndrome. Majority.2018;7(2):278-82

Nesaba Media. Pengertian Gadget Beserta Fungsi dan Macam-macam Gadget. 2020 Diperoleh 6 Juni 2021, dari https://i1.wp.com/www.nesabamedia.com/wp-content/uploads/2018/06/contoh-gadget.jpg?resize=500%2C363&ssl=1

Ulfah F. Hubungan Tingkat Kecanduan Online game Terhadap Kejadian Astenopia Pada Pelajar SMA di Warnet-Warnet Kota Banda Aceh. Skripsi. Program Studi Pendidikan Dokter. Fakultas Kedokteran. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. 2016

Chiuloto K. Pengaruh Keadaan Lingkungan Kerja dan Radiasi Non Peng-ion terhadap Kelelahan Mata pada Karyawan Biro Perjalanan di Kota Medan. Tesis. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatra Utara Medan. 2011

Fadhilatul H. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dan Istirahat Mata Terhadap Asthenopia Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Skripsi. Program Studi Pendidikan Dokter. Fakultas Kedokteran. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. 2021

Thesa Y. Pengaruh Penggunaan Gadget dengan Kejadian Mata Lelah Pada Siswa SMA N Unggul kota Subulussalam selama masa pandemi Covid-19.Skripsi. Program Studi Pendidikan Dokter. Fakultas Kedokteran. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.2020

Wicaksono WH. Hubungan penggunaa gadget dengan gangguan kesehatan mata pada anak sekolah dasar di SD negri cangkol 3 mojolaban sukorhajo. J Penelitain Kesehat. 2020;31.

Abdu S, Saranga’ JL, Sulu V, Wahyuni R. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. J Keperawatan Florence Nightingale. 2021;4(1):24–30.

Gumunggilung D, Doda DVD, Mantjoro EM. Hubungan Jarak Dan Durasi Pemakaian Smartphone Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat Di Era Pandemi Covid-19. Kesmas. 2021;10(2):12–7.

Saputri O. Gambaran Penggunaan Internet Pada Anak. Naskah Publ Univ Muhammadiyah Surakarta. 2014;

Chawla, U., Yadav, P., Chugh, J. P., & Chadha, G. Study of Digital Eye Strain due to Extended Digital Device Use among Undergraduate Medical Students during the COVID-19 Pandemic : A Cross Sectional Study. International Journal of All Research Education and Scientific Methods, 2021;9.

Ganne, P., Najeeb, S., Chaitanya, G., & Sharma, A. Digital Eye Strain Epidemic amid COVID-19 Pandemic – A Cross-sectional Survey Digital Eye Strain Epidemic amid COVID-19 Pandemic – A Cross-sectional Survey. Ophthalmic Epidemiology, 2021; 28(4): 285–292. https://doi.org/10.1080/09286586.2020.1862243

Alghamdi, W. M., & Alrasheed, S. H. Impact of an educational intervention using the 20/20/20 rule on Computer Vision Syndrome. African Vision and Eye Health, 2020; 79(1): 1– 6. https://doi.org/10.4102/AVEH.V79I1.554

Chaidirman dkk, Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) pp Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) pada Kalangan Remaja Suku Bajo. 2020;2(2):33–41.

Tarigan, M. B. Hubungan gaya hidup remaja terhadap kejadian anemia pada remaja putri kelas X di SMAN 2 Binjai Tahun 2018. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia,2018; 4(1), 20–28.

Waty, L. P., & Fourianalistyawati, E. Dinamika kecanduan telepon Pintar (Smartphone) pada remaja dan trait mindfulness sebagai alternatif solusi. Jurnal Psikologi Unsyiah, 2018. 1(2), 84–101

Mawitjere, O. T., Onibala, F., & Ismanto, Y. A. Hubungan lama penggunaan gadget dengan kejadian insomnia pada siswa siswi di SMA Negeri 1 Kawangkoan. E-Journal Keperawatan, 2017.5(1), 1–5.

Pangastuti, R. Fenomena gadget dan perkembangan sosial bagi anak usia dini. Indonesia Journal of Islamic Early Chlidhood Education,2017; 2(2), 166–174.

Sari, I. M., & Prajayanti, E. D. Peningkatan pengetahuan siswa SMP tentang dampak negatif game online bagi kesehatan. Gemassika, 2017.1(2), 31– 39

Efriliani E, Yani A, Pujowaskito P. Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gadget Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Siswa SMP Negeri 3 Cimahi. Repos Fak Kedokt Unjani Cimahi [Internet]. 2017;1–8. Available from: http://repository.unjani.ac.id/index.php?p=fstream&fid=3555&bid=300

Arshad S, Khan A, Pal DK, Melwani V, Verma S, Sawlani H. Prevalence of asthenopia among computer operators in Central India and effectiveness of educational intervention. Int J Community Med Public Health. 2019;6(5):2091–2094.

Natalia, N. (2020). The Relationship Of Social Role On Depression In The Elderly In Candimulyo Village, Jombang District. Jurnal Eduhealt, 10(02).

Ningsih, S. P. (2020). The Influence Of Health Education With A Think Pair Share Learning Model On The Knowledge And Attitudes Of School-Age Children In Vegetable Consumption. Jurnal EduHealth, 10(2), 14–20.

Saxena R, Vashist P, Bhardawaj A, Gupta V, Meon, V. Incidence and progression of myopia and associated factors in urban school children in Delhi: The North India Myopia Study (NIM Study), PLOS ONE, 2017;12(12)

A. Gupta and Nisha, “Architectural Comparison-a Case Study Between Android & Ios” Int. J. Multidiscip. Consort., 2015;2(2):6-18

Aryanti C. Hubungan lama penggunaan komputer dengan sindrom mata kering [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara;2011

Zubaidah HST. Pengaruh lama terpapar dan jarak monitor komputer terhadap gejala computer vision syndrome pada pegawai negeri sipil di kantor pemerintahan kota Medan [Tesis] Medan: Universitas Sumatera Utara;2012

Mangoenprasodjo A. Mata Indah, Mata Sehat, Yogyakarta: Thinkfresh,2005.

Warusyah, Y. Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan” FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.2015: 130-138

Yee-Jin, S. Mendidik Anak di Era Digital. Terj. Adji Annisa, Jakarta: Noura Books,2014.

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Putri, N., Yusti Siana, Laura Zeffira, Dian Puspita, & Mhd Nurhuda. (2022). DESCRIPTION OF THE DURATION OF DEVICE USE ON ASTHENOPIA INCIDENCE IN SMP N 1 PADANG STUDENTS DURING ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Jurnal EduHealth, 12(02), 63–71. https://doi.org/10.54209/jurnaleduhealth.v12i02.155