Integration Of Islamic Values Relating To The Doctor’s Profession Curriculum

Authors

  • Dwi Hikmah Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Umum Fakultas Kedokteran UMI
  • Sri Julyani Dosen Bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran UMI
  • M. Khidri Alwi Dosen Bagian Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UMI

Keywords:

Integration of Islamic values, medical professional curriculum

Abstract

Science integration is a process to perfect dichotomous knowledge so as to produce a complete scientific concept. Curriculum objectives contain competency standards to be achieved from ongoing learning or in simpler language, curriculum objectives, namely what student output will result from learning. A medical education curriculum that integrates Islamic content is a necessity for Muslim doctors. The importance of integrating Islam into the medical education curriculum is to provide provisions for Muslim doctors when facing ethical issues related to the Islamic religion. In order not to stop at just philosophical discourse, the implementation of Islamic integration in medical science must be reflected in curriculum development and learning.

References

Naily Rohmah. 2019. Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Volume 9, Nomor 2.

Cholifah, Fatkhatul Aliyah. 2022. Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Ilmu Kedokteran di Universitas Sultan Agung Semarang. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Qouman. Volume 1, No.2.

Amirah Al May Azizah. 2021. Integrasi Nilai-nilai Kesilaman dalam Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam.

Lio Edi Saputra. 2022. Model Integrasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK IT Al-Husna Lebong. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). Vol. 8, No. 2.

Nurlaili Susanti, Riskiyah. 2022. Integrasi Nilai Islam dalam Kurikulum Pendidikan Kedokteran. Journal of Islamic Medicine. Vol. 6 (01) (2022), Hal 11-20.

Nina Aminah. 2020. Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Kurikulum Ilmu Keperawatan. Jurnal Kesehatan Budi Luhur, Vol. 13, No. 2.

Wismanto, Munzir Hitami, Abu Anwar. 2021. Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikuluim di UIN. Jurnal Randai. Vol. 2 No.1.

Rafidhah Hanum. 2019. Integrasi ilmu dalam Kurikulum Sekolah Islam Terpadu di Aceh (Studi Kasus SD IT Aceh Besar dan Bireuen). Pionir Jurnal Pendidikan.

Indah Maharany, Hany Nor Azizah, Nida Ul Hasanah, Emira Naisya Imani, Muhammad Fikri Arosad, M. Ihsan Hadi, Nur Hikmatul Rizkiah. 2023. Integrasi Nilai Nilai Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya Vol.1, No. 2.

Sean Togar Simanjuntak, Caecilia Tri Wahyanti. 2021. Analisis Kinerja Dosen Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Di Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia.

M Faishal Khoirurrijal. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Pesantran-Madrasah di MTS Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5, No. 2.

Eli Sabrifha, M. Fahli Zatrahadi, Istiqomah Istiqomah. 2023. Penerapan prinsip manajemen pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum sekolah Islam: menggunakan tinjauan scientific literature review. Jurnal Educatio (Jurnal Pendidikan Indonesia).

Yusuf Alam Romadhon. 2023. Integrasi Kedokteran Keluarga dan Islam dalam Praktik Kedokteran Layanan Primer. Muhammadiyah University Press.

Titi Savitri Prihatiningsih. 2023. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Capaian Pembelajaran) untuk Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan. Gadjah Mada University Press.

Fauza Masyhudi, Rendy Nugraha Frasandy, Martin Kustat. 2020. Integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar Islam Tepadu Azkia Padang. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.

Siti Rohmah Kurniasih, Erni Haryanti, A. 2023. Heris Hermawan. Integrasi Ilmu dan Iman dalam Kurikulum: Studi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Vol. 8, No. 1.

Maryam. 2022. Perkembangan Kedokteran dalam Islam.. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1.

Husaini, Anisaturrahmi. 2019. Implementasi Integrasi Kurikulum pada TK Almanar Kabupaten Bener Meriah. Pionir Jurnal Pendidikan.

Ismu Kusumanto, Ekie Gilang Permata, Nofirza, Wresni Anggraini. 2019. Analisa Tingkat Pengetahuan Keislaman Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau dalam Upaya Mewujudkan Integrasi Keislaman Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Jurnal Teknik Industri.

Bambang Kariyawan Ys. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Islam pada Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Riau. Potensia : Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 7, No. 2.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Dwi Hikmah, Sri Julyani, & M. Khidri Alwi. (2023). Integration Of Islamic Values Relating To The Doctor’s Profession Curriculum. Jurnal EduHealth, 14(04), 509–514. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/healt/article/view/3520