PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN PROMOTION, DAN GREEN PERCEIVED VALUE PRODUK GARNIER TERHADAP MINAT BELI MILENIAL DI KOTA MEDAN

Authors

  • Grace Margareth Ginting Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Sumatera Utara
  • Feby Aulia Safrin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Sumatera Utara

Abstract

Para petinggi perusahaan menyadari bahwa isu keberlanjutan akan sangat menguntungkan dalam menghadapi persaingan bisnis saat ini. Garnier merupakan salah satu dari tiga besar brand pilihan konsumen Indonesia, yang menerapkan keberlanjutan melalui program Garnier Green Beauty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green product, green promotion, dan green perceived value produk Garnier secara parsial dan simultan terhadap minat beli milenial di Kota Medan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling dan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green product, green promotion, dan green perceived value produk Garnier berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat beli milenial di Kota Medan. Uji koefisien determinasi dengan nilai R sebesar 0,809. Nilai Adjusted R Square menunjukkan bahwa green product, green promotion, dan green perceived value dapat menjelaskan minat beli sebesar 64,3%, sedangkan sisanya sebesar 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Babin, Barry J., Harris, Eric G., dan Murray, Kyle B. 2017. Consumer Behaviour Second Canadian Edition: Nelson Education.

Chandra, Fellycia., Tunjungsari, Hetty Karunia. 2019. Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk The Body Shop di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol. 1, No. 3.

Garnier. 2021. Yuk Kenalan dengan Kemasan Ramah Lingkungan dari Garnier. Diakses pada 31 Maret 2022.

https://www.garnier.co.id/tips-dan- trick/green-beauty/kemasan-ramah- lingkungan-dari-garnier

Hestianingsih. 2019. 7 Fakta Generasi Milenial yang Mengejutkan. Diakses pada 31 Maret 2022.

https://wolipop.detik.com/worklife/d-

/7-fakta-generasi-milenial-yang- mengejutkan

Kirgiz, Ayca Can. 2016. Green Marketing: A Case Study of the Sub-Industry in Turkey. Houndmills, Basingstoke, Hampshire; New York, NY: Palgrave Macmillan.

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management 15e (edition): Pearson.

Mahmud, Muhammad Zulfiqar. 2020. Pengaruh Green Perceived Value terhadap Niat Beli dengan Citra Produk dan Reputasi Perusahaan sebagai Mediator. Tesis. Magister Manajemen. Universitas Muhammadiyah Malang: Malang.

Milana, Robby. 2021. Gaya Hidup Ramah Lingkungan Semakin Diminati Milenial. Diakses pada 29 Maret 2022. https://revolusimental.go.id/kabar- revolusi-mental/detail-berita-dan- artikel?url=gaya-hidup-ramah- lingkungan-semakin-diminati-milenial

Mothersbaugh, David., Hawkins, Delbert. 2015. Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy edition 13: McGraw- Hill.

Nurcahyadi, Ghani. 2021. Kesadaran Konsumen terhadap Produk Ramah Lingkungan Terus Meningkat. Diakses pada 29 Maret 2022.

https://mediaindonesia.com/ekonomi/421 640/kesadaran-konsumen-terhadap- produk-ramah-lingkungan-terus- meningkat

Priansa, Donni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, Luh Made Pradnyani., Abdillah, Yusri., Mawardi, M. Kholid. 2017. Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 43, No. 1.

Rath, Ramesh Chandra. 2013. An Impact of Green Marketing on Practices of Supply Chain Management in Asia: Emerging Economic Opportunities and Challenges. International Journal of Supply Chain Management, Vol. 2, No. 1.

Ritonga, Lailan Aprina. 2020. Pengaruh Green Marketing dan Country of Origin terhadap Minat Beli Ulang Produk Innisfree di Sun Plaza Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Rtc. 2020. Transformasi Ambisius Garnier Menghadirkan Kecantikan Keberlanjutan. Diakses pada 31 Maret 2022. https://rtc.ui.ac.id/2020/10/05/transformasi

-ambisius-garnier-menghadirkan- kecantikan-keberlanjutan/

Schiffman, Leon., Wisenblit, Joseph. 2015. Consumer Behaviour 11 revised edition: Pearson.

Septiani, Risa. 2020. Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Body Shop Margo City. Bukti Unggahan Dokumen Penelitian Perpustakaan Universitas Gunadarma.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Publikasi Kata Data. 2020. Komitmen Garnier Green Beauty dalam Mengurangi Sampah Plastik. Diakses pada 31 Maret 2022.

https://katadata.co.id/ariemega/berita/5f7c 7ef720f54/komitmen-garnier-green- beauty-dalam-mengurangi-sampah-plastik

Unilever.co.id. 2021. Unilever dan Shopee Dorong Konsumen Terapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan. Diakses pada 6 Juli 2022.

https://www.unilever.co.id/news/press- releases/2021/unilever-dan-shopee- dorong-konsumen-terapkan-gaya-hidup- ramah-lingkungan/

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Margareth Ginting, G., & Feby Aulia Safrin. (2023). PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN PROMOTION, DAN GREEN PERCEIVED VALUE PRODUK GARNIER TERHADAP MINAT BELI MILENIAL DI KOTA MEDAN. Jurnal Price : Ekonomi Dan Akuntansi, 1(02), 56–66. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/1693