PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA FITUR TIKTOK SHOP DI APLIKASI TIKTOK (Studi pada Mahasiswa di Kota Medan)
Keywords:
Daya Tarik Iklan, Harga Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian produk fashuon pada mahasiswa pengguna fitur Tiktok Shop di aplikasi Tiktok, menganalisis pengaruh harga produk terhadap keputusan pembelian produk fashion pada mahasiswa pengguna fitur Tiktok Shop di aplikasi Tiktok , dan menganalisis pengaruh daya tarik iklan dan harga produk secara simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada mahasiswa pengguna fitur TikTok Shop di aplikasi Tiktok di kota Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pengguna fitur TikTok Shop di aplikasi Tiktok di kota Medan. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari pembagian kuesioner google form, dan data sekunder didapatkan dari buku dan artikel sertapenelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji parsial, uji simultan dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik iklan (X1) dan harga produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Daya tarik iklan dan harga produk juga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y).
Downloads
References
Abdullah, T., & Tantri, F. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Rajawali Pers.
Ayouvi. (2019). Marketing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, UJi T, Uji F.R2). Guepedia.
Effendi, U. (2016). Psikologi Konsumen. Jakarta: Rajawali Pers.
Husni Muharram Ritonga, B., & dkk. (2018). Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi. Medan.
Kerin, R. A., & Robert, A. P. (2015). Pemasaran Strategis, Kasus dan Komentar,Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: Indeks.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2018). Prinsip- prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Laksana, F. (2017). Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis). Yogyakarta: Erlangga.
Morissan. (2019). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Rivai, A., & Prawironegoro, D. (2015). Manajemen Strategis (Kajian Manajemen Strategis Berdasarkan
Perubahan Lingkungan Bisnis, Ekonomi, Sosial, Politik). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Jakarta: IPB Press.
Tanama, B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar, Bali: Fakultas Peternakan Universitas Udayana.
Yuliantari, K., Oktiani, N., & Widayati, K. D. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Amandeep, e. a. (2017). The Impact of Advertising on Consumer Purchase Decision with Reference to Consumer Durable Goods in Oman. International Journal of Management Studies and Research (IJMSR), Vol. 5, Issue 12. PP 11_19.
Anggia, T. R., Kawet, & Ogi. (2015). Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post. Jurnal EMBA, vol.3 no. 2.
li.B, & Ethnocentrism. (2016). Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista. Bab ii landasan teori 2.1. 14-
Islamic, N. M.-I.-E.A.R.J. on, & 2017, undefined. (n.d.), 14-31.
Mahardi, d. (2019). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, daya Tarik Iklan dan Kredibilitas Endorser Terhadap Brand Attitude pada Produk Handphone Android di kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi (Vol. 22 No. 10, 5-6.
Muliyana, T., & Suyanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian salt n pepper pada PT Mitra Busana Sentosa Bintaro. Jurnal Kreatif, Vol.6 No.2.
Tusanputri, A. V. (2021). Pengaruh Iklan dan Program Grtais Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian. FORUM EKONOMI, Vol. 23, no. 4. .
Widjaya, P. G. (2017). Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix pada PT Murni Jaya. AGORA, 1- 8.
Widyana, N. A., Eldine, & Muniroh. (2019). Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian. Manager Jurnal Ilmu Manajemen , 91-102.
Abdulhakim, A. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orangtua- Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-anak di Media Sosial Tiktok. Doctoral dissertation, faculty of social and political science.
Riyanti, D. (2021). Pengaruh Periklanan, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada e- commerce Shopee (studi empiris pada pengguna shopee masyarakat Magelang) . Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang.
Lidwina, a. (2021, June 4). Pengguna E- commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. diakses pada April 4, 2022, from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id//datap ublish/2021/06/04/penggunaan-e- commerce-indonesia-tertinggi-di- dunia
Jayani, D. H. (2022, November 18). Pengguna E-commerce-paling- banyak-dikunjungi-pada-kuartal-iii- 2021. diakses pada April 4 2022. from databoks.katadata.co.id:https://datab oks.katadata.co.id//datapublish/2021
/11/18/tokopedia-masih-jadi-e- commerce-paling-banyak- dikunjungi-pada-kuartal-iii-2021.
Rizaty,M., A. (2022, january 4). Tiktok, Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh pada 2021. diakses pada April 4 2022.