PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARESOMETHINC (STUDI PADA MAHASISWA PTN KOTA MEDAN)

Authors

  • Madeliene Silalahi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara
  • Nicholas Marpaung Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara

Keywords:

Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Pada era globalisasi ini skincare sudah menjadi kebutuhan primer terutama bagi sebagian besar kaum wanita. Somethinc merupakan salah satu merek lokal yang masih terhitung baru sudah menembus ke dalam pasar internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen skincare somethinc. Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsumen yang membludak untuk membeli Somethinc ditengah tengah persaingan ketat industri kosmetik saat ini dan juga banyaknya brand lokal yang hadir beberapa tahun terakhir ini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Penelitian menggunakan 100 responden sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa PTN konsumen Somethinc kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh hasil bahwa nilai koefisien korelasi (R) sebesar nilai sebesar 0,523 hal ini berarti 52,3% keputusan pembelian konsumen Skincare Somethinc Medan dapat dipengaruhi oleh Celebrity Endorser (X1) dan Kualitas Produk (X2)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belch, George E, dan Belch, Michael A. (2004). Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communications Perspective. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Chaffey dan Chadwick. (2016: 11). Pengantar Digital Marketing. Jakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STT-NF).

Ghozali. 2016. Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta: Andi Kotler dan Keller. 2009. Prinsip – prinsip

pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. (2016:51). Marketing Tourism Services, CV. Media Sains Indonesia. Jawa Barat.

Kotler, Amstorng. 2017. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Forum Pemuda Aswaja. Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Kotler. 2016. Manajemen Strategi dan Resiko.

Cetakan I. Jawa Timur: UMSIDA Press.

Paul, J. Peter dan Jerry C. Olson. 2000.Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Terjemahan.Jakarta: Erlangga.

Royan, F. M. (2004). Marketing selebrities.

Jakarta: PT Elex Media.

Setiadi (Sangadji dan Sopiah). 2013. Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Sumatera Barat: CV Insan Cendekia Mandiri.

Shimp, A Terence. 2016. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi. Jakarta: Erlangga.

Suliyanto. 2018. Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta: Andi Sugiono. 2018 Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2012. Metode Penelitian Bisnis. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV.Alfabeta.

Tjiptono, Kuspriyono. 2016. Manajemen Pemasaran, edisi ke 12, Jilid 1, Jakarta:PT. Indeks Kelompok Gramedia

Tjiptono, Diana. 2020. Pemasaran, Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Abdul Dadan Aziz Mubarok. 2016. Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun. Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun.

Amanda, Rizky. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Wanita di Kota Medan. Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Devi, Lenggang Kurnia Intan. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace

Shopee. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Drs. Rusmanto, M.M (2017). Manajemen Pemasaran Berbasis IT, Jakarta.

Dwi Nurul Pradika dan Budi Mulyo Setiawan. 2022. Pengaruh Celebrity Endorsement, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS GLOW (di Toko Asa Beauty MS GLOW Semarang). Jurnal Ilmiah Indonesia, Universitas Stikubank Semarang, Vol 7, No. 1.

Hutagaol, Rusmana Ristauli Santi. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening ( Studi pada Konsumen Scarlett Whithening di Kota Medan), Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Sumatera Utara.

Mohammad, Rizal Nur Irawan. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Universitas Islam Lamongan.

Norwell, N. 2005. Top Tips For Handling Complaint. London: GP.

Nugraha Agung Eka. 2012. Pengaruh Kompetensi, Tekanan Waktu, Pengalaman Kerja, Etika Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Daerah Istimewa Yogyakarta). Yogyakarta: Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhayati, dan Wahyu, W. M. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone.Value Added: Vol: 8, No2.Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sakti, Riana Fatmaningrum & Susanto. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Universitas Sarjanawijaya Tamansiswa.

Yan Bayu Bramantya dan Made Jatra. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar, Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 2302-8912.

Wisnu Gede Saputra dan Agung I Gusti Ketut Sri Ardani. 2020. Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian, E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No.7.

Zahra Dhaefina, Merza Nur AR, Pirmansyah, dan Vicky F. Sanjaya. 2021. Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, Testimoni terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Lemonilo pada Media Sosial Instagram. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Lampung.

https://hypeabis.id/read/9091/kisah-founder- somethinc-yang-sukses-memulai-bisnis-dari- reseller (Di akses 20 Desember 2021)

https://koran-jakarta.com/2021-industri-kosmetik- ditargetkan-tumbuh-10-persen (Di akses 28 November 2021)

https://www.clozette.co.id/article/page/congratulati ons-somethinc-berhasil-memimpin-pasar- skincare-lokal (Di akses 23 November 2021)

https://analisa.io/profile/tasyafarasya (Di akses 15 Maret 2022)

https://accurate.id/marketing- manajemen/engagement-rate (Di akses 23 November 2021)

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Madeliene Silalahi, & Nicholas Marpaung. (2023). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARESOMETHINC (STUDI PADA MAHASISWA PTN KOTA MEDAN). Jurnal Price : Ekonomi Dan Akuntansi, 2(01), 11–22. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/1696