PENGARUH HARGA, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TIKTOK SHOP DI KOTA MEDAN

Authors

  • Selli Selfia Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara
  • Hafiza Adlina Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58471/jecoa.v1i02.1697

Abstract

Tiktok Shop yang merupakan fitur baru dari Tiktok, memiliki penjualan yang sangat besar, kepopuleran Tiktok pada saat ini sudah menyebar di berbagai negara di dunia.penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, persepsi kemudahan penggunaan, dan e-wom terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Tiktok Shop. metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga dan Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sementara itu E-WOM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Namun harga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan E-WOM berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap Keputusan Pembelian.

Downloads

References

Fadelsyah, M. T. (2021). Manajemen Pemasaran Syariah. Banten: Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Hardani, Sukmana, D. J., Andriani, H., & Fardani, R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Mufarizzaturrizkiyah, A. A. (2020). E- commerce: Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa

Muslim Survey pada Mahasiswa IAIN Syekh .CV.Elsi Pro

Putri, B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Bali: Universitas Udayana.

Rafidah. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha, dan Kewirausahaan Islami Terhadap Pendapatan dan Kesejahteraan Keluarga Wanita Pengrajin . Ahlimedia Press.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta.

Ritonga, H. M., Fikri, M. E., Siregar, N., Agustin,

R. R., & Hidayat, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Medan: CV. Manhaji.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemsaran. Nusa Tenggara Barat: Forum PemudaAswaja

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V3i1.4 941

Japarianto, E., & Anggono, Y. D. (2020). Analisa Pengaruh Perceived Ease Of Use Terhadap Intention To Buy Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi E-Commerce Tokopedia. Universitas Kristen Petra.

Kumbara, v. B. (2021). Determinasi nilai pelanggan dan keputusan pembelia: analisis kualitas produk, desain produk dan Endorse. Jurnal ilmu manajemen terapan.

Mustikasari, a., & widaningsih, s. (2017). Pengaruh e-wom terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata di kota BANDUNG. Jurnal Manajemen Indonesia

Sudarita, Y. M. I. M. (2020). Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Survey followers aktif akun @ Jelitacosmetic).Commercium, 3(1), 36–40.

Suyono Saputra, & Barus, F. M. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E- WOM) Dan Citra Merek Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Ivan Naufaldi dan Miharni Tjokrosaputro (2020) Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, dan Trust terhadap Intention To Use. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 715-722

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Selli Selfia, & Hafiza Adlina. (2023). PENGARUH HARGA, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TIKTOK SHOP DI KOTA MEDAN. Jurnal Price : Ekonomi Dan Akuntasi, 1(02), 67–78. https://doi.org/10.58471/jecoa.v1i02.1697