PENGARUH DIVERSIFIKASI DAN IKLAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PRODUK OLI CASTROL BENGKEL ENDURO

Authors

  • Atika Aini Nasution Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Battuta, Medan

DOI:

https://doi.org/10.58471/jecoa.v1i01.2429

Keywords:

Diversifikasi, Iklan, kepuasan konsumen

Abstract

Dalam menghadapi dunia bisnis, perusahaan selalu berusaha untuk memberikan jaminan kepada pelanggan akan mendapatkan pelayanan yang terbaik. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan meningkatkan promosi produk dan juga melakukan diversifikasi produk perusahaan melalui periklanan. Berangkat dari pentingnya masalah diversifikasi dan periklanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan produk oli castrol serta menjaga kelangsungan operasi perusahaan, maka penulis tertarik untuk memilih judul penelitian yaitu "Pengaruh Diversifikasi dan Periklanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Produk Oli Castrol". Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai t-hitung untuk b1, lebih besar dari t-tabel (2.531 > 1.991), maka diversifikasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen produk oli castrol, dan terbukti signifikan (0.013 < 0.05). Sedangkan untuk b2, nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (4.405 > 1.991) dengan demikian periklanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen produk oli castrol, dan terbukti signifikan (0.000 < 0.05). Nilai R sebesar 38,7% kepuasan pelanggan dijelaskan oleh diversifikasi produk oli castrol dan periklanan dan sisanya sebesar 61,3% ditentukan oleh faktor lain diluar kontribusi penelitian ini

Downloads

References

Arikunto Suharsimi, 2009, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Bandung.

Assauri, Sofyan, 2002, Teknik dan Metode Peramalan Penerapannya dalam Ekonomi dan Dunia, LPFE Universitas Indonesia, Jakarta.

Husein Umar, 2007, Metode Penelitian, Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Jilid Milenium, Cetakan Kedua, Prehallindo, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Nugroho, Setiadi. J. 2003. Perilaku Konsumen. Penerbit Prenada Media. Jakarta.

Porter, 2003, Manajemen Jasa, Edisi I, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Rahmi, 2008, Pengaruh Penayangan Iklan TELKOMFlexi Di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen.

Saladin, Djaslim, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung.

Stanton, William J., 2000, Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi 7, Erlangga, Jakarta

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta, Jakarta.

Suyanto, Muhammad, 2004, Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan, Andi Offset, Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2009, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Uyanto, Stanislaus S. 2006. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Graha. Yogyakarta

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Atika Aini Nasution. (2022). PENGARUH DIVERSIFIKASI DAN IKLAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PRODUK OLI CASTROL BENGKEL ENDURO . Jurnal Price : Ekonomi Dan Akuntasi, 1(01), 21–28. https://doi.org/10.58471/jecoa.v1i01.2429