PENGARUH KOMITMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA DETERJEN SO KLIN OLEH IBU-IBU RUMAH TANGGA LINGKUNGAN II, KELURAHAN HARJOSARI I, KECAMATAN MEDAN AMPLAS

Authors

  • Juliani Siregar Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Burhanuddin Al-Butary Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Keywords:

Komitmen, Kepercayaan, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan Komitmen dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen Pada Deterjen So Klin Oleh Ibu-Ibu Rumah Tangga Lingkungan II, Kelurahan harjosari I, Kecamatan Medan Amplas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 97 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 3,173 + 0,402X1 + 0,283X2. Pada uji parsial (Uji t) variabel komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung 6,075 > t tabel 1,985 dan nilai signifikan 0,000< 0,05 dan variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung sebesar 6,541 > t tabel 1,985 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji signifikan simulatif (Uji F) variabel komitmen dan kepercayaan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai F hitung 113,885 > F tabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0,708 artinya variabel loyalitas konsumen dapat dijelaskan sebesar 70,8% oleh variabel Komitmen dan Kepercayaan sementara sisanya 29,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, N. &. (1990). The measurement and antecedents of affective, continuance and normative commitment to the organiation. Occup. Psychol., 63, 1-18.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Bisnis: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-17.

Dastim, Dody Septiadi Yusril. "Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI Kota Kendari." Skripsi Sarjana Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Halu Oleo, Kendari (2017).

Fauziyah R, N. (2015). Efektivitas Penggunaan Alat Bantu Reaksi Gerakan Tangan Bagi Kaum Disabilitas (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Lapasiang, D., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2017). Pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah pada pt. Pegadaian (persero) cabang karombasan manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3).

Lubis, I. O., & Suwitho, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(5).

Mahendra, M. P. (2021). Pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan konflik terhadap loyalitas nasabah di USPPS-BMT Sunan Drajat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

OKTASARI, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitan Pelanggan Jasa Jne Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Peppers, Don and Martha Rogers, 2004. Managing Customer Relationships: A Strategic Framework, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Permata, R. C. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang syariah palembang.[Skripsi] (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang)

Rahayu, F. (2021). Pengaruh kepercayaan konsumen, komitmen konsumen, dan komunikasi word of mouth terhadap loyalitas konsumen pada hypermart di Royal Plaza Surabaya (Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya University).

Rahman, S. (2019). A Comparative Study of Stability & Consumer Confidence between Islamic & Conventional Banks in Bangladesh. European Journal of Islamic Finance, (13).

Sari, F. F. K., & Bodroastuti, T. (2012). Pengaruh Faktor Personal, Faktor Organisasional Dan Faktor Non Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Pada Pegawai Bagian Produksi PT. Kubota Indonesia). Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, 1(1), 103210.

Setyosari Punaji. 2012. “Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan”. Jakarta: Kencana.

Tahun, R. A., Bunga, M., & Nyoko, A. E. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Perkreditan Rakyat Tanaoba Lais Manekat Kota Kupang. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 7(2), 147-165.

Wachid, Z. N. (2019). Studi Mengenai Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Niat Belanja Online Grabfood Di Kabupaten Lumajang.

Widyastuti, S., Said, M., Siswono, S., & Firmansyah, D. A. (2019). Customer trust through green corporate image, green marketing strategy, and social responsibility: A case study.

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Juliani Siregar, & Burhanuddin Al-Butary. (2023). PENGARUH KOMITMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA DETERJEN SO KLIN OLEH IBU-IBU RUMAH TANGGA LINGKUNGAN II, KELURAHAN HARJOSARI I, KECAMATAN MEDAN AMPLAS . Jurnal Price : Ekonomi Dan Akuntansi, 2(01), 60–70. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2594