Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasaan pelanggan pada CV. Martubung Jaya, Medan

Authors

  • Sintia Yukari Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, Medan, Indonesia
  • A. Mahendra Program Studi Akuntansi, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia

Keywords:

Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, CV. Martubung Jaya Medan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di CV. Martubung Jaya, Medan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel penelitian ini adalah 20 responden di CV. Martubung Jaya, Medan, dengan menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan teknik sampling dengan pertimbangan tertentu. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, sementara pengolahan data menggunakan SPSS 26. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di CV. Martubung Jaya, Medan, di mana koefisien regresi a = 17,120 berarti bahwa Kualitas Layanan adalah 0, maka kepuasan pelanggan positif sebesar 17,120. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa berdasarkan uji koefisien determinasi (R2), nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,535 atau 53,5%, sementara sisanya 46,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada variabel kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (2,395 > 2,101). Hal ini membuktikan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di CV. Martubung Jaya, Medan. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di CV. Martubung Jaya, Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

U. Hatimah, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Prima Unggul Global ( Tours & Travel) di Kota Makassar. Makassar, 2020.

J. Atmaja, “Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB,” J. Ecodemica, Vol. 2 No. 1 April 2018 ISSN, vol. 2, no. 1, 2018.

L. Goa, “Pelayanan Pastoral Bagi Sesama Yang Membutuhkan,” 2018.

R. Apriansyah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Prioritas Rengat,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. VII, no. 02, pp. 37–45, 2018.

D. Suryadi, “Perilaku Konsumen dan Upayanya dalam Pelayanan Prima Bagi Pelanggan,” J. Asy- Syukriyyah, vol. 20, 2019.

H. Rohaeni and N. Marwa, “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan,” J. Ecodemica, vol. 2, no. 2, pp. 312–318, 2018.

I. P. Rangkuti and Y. Yuliana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Velg Ban TKB Group Indonesia,” J. Innov. Res. Knowl., vol. 1, no. 4, 2021.

F. Vi. Noor, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu), vol. 21, no. 1. Bengkulu, 2020.

U. Hernaeny et al., Pengantar Statistika 1. 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vm1XEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA33&dq=populasi+dan+sampel&ots=N_Z9dwu3Iq&sig=BEp69OisuqA0hdbr0SsEk5ooHJ0&redir_esc=y#v=onepage&q=populasi dan sampel&f=false

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (20th ed.). ALFABETA. 2019.

M. Indrasari, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. 2019.

F. Firdaus, Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0, vol. 1. DOTPLUS, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lJ8hEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA15&dq=analisis+spss+versi+26&ots=TfeHAPQvX5&sig=j_eh6M3cD7aB862htAN4-EuJ0Lg&redir_esc=y#v=onepage&q=analisis spss versi 26&f=false

V. Herlina, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.

W. V Sujarweni, SPSS Untuk Penelitian Yogyakarta. PT PUSTAKA BARU, 2019.

T. P. H. Setyani and W. Gunadi, “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima),” J. Ilm. Mhs. Manaj. Unsurya, vol. 1, no. 1, pp. 92–102, 2020.

S. Silaen, Metodologi penelitian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis. Bumi Aksara, 2018.

A. Lathersya, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di CV. Armada Sejahtera Sumatera Transport Medan.” 2022.

The Effect Of Working Capital Efficiency And The Level Of Liquidity On Profitability In The Mining Industry Registered In Indonesia Stock Echange. Enrichment: Journal Of Management, 11(2), 602-608.

Pengaruh Risiko Kredit, Financing To Deposit Ratio (Fdr) Dan Suku Bunga Bi Rate Terhadap Kecukupan Modal Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ready Star, 2(1), 305-311.

Pengaruh Teknologi Informasi, Integritas, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi STIE Eka Prasetya). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Sintia Yukari, & A. Mahendra. (2024). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasaan pelanggan pada CV. Martubung Jaya, Medan. Jurnal Price : Ekonomi Dan Akuntansi, 2(2), 106–114. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/4135