Jurnal Price : Ekonomi dan Akuntasi
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa
<p>Jurnal Price : Ekonomi dan Akuntasi dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel yang melaporkan hasil penelitian ekonomi dan akuntansi dengan berbagai topik pada bidang fungsional Akuntansi, Manajemen Bisnis, Pasar Modal, Sejarah Ekonomi, Ekonomi Terapan, Bisnis dan Keuangan, Ekonomi dan Ekologi Lingkungan, Ekonomi Islam, Ekonomi Kesehatan, Ekonomi Fiskal Moneter Ekonomi, Ekonomi Politik, Manajemen Ekonomi, Manajemen Operasional, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran</p>en-USThu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000OJS 3.3.0.11http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL PADA FIDO DIDO GUESTHOUSE DAN RESTAURANT BUKIT LAWANG
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/1694
<p>Dalam menjalankan usahanya sebuah perusahaan pasti menghadapi ketidakpastian yang tidak dapat dihindari dalam operasi perusahaan. Manajemen risiko operasional perlu diterapkan guna mengelola ketidakpastian tersebut untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi baik dari dalam maupun luar perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis risiko operasional yang terjadi serta mengetahui dan menganalisis penerapan manajemen risiko operasional pada Fido Dido Guesthouse dan Restaurant. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa risiko operasioal yang terjadi pada Fido Dido Guesthouse dan Restaurant yaitu risiko proses internal meliputi terjadinya kesalahan transaksi, risiko manusia meliputi kelalaian dan ketidaktelitian karyawan, risiko sistem meliputi informasi konsumen yang tidak sesuai dan pencairan dana yang relatif lama, risiko eksternal meliputi risiko bencana alam, pandemic covid-19 dan listrik PLN yang sering mati. Dengan penerapan manajemen risiko operasional yang cukup baik, perusahaan dapat bertahan dan terus berkembang hingga saat ini.</p>Dewi Ayu Wulandari, Feronica Simanjorang
Copyright (c) 2023 Jurnal Price : Ekonomi dan Akuntasi
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/1694Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARESOMETHINC (STUDI PADA MAHASISWA PTN KOTA MEDAN)
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/1696
<p>Pada era globalisasi ini skincare sudah menjadi kebutuhan primer terutama bagi sebagian besar kaum wanita. Somethinc merupakan salah satu merek lokal yang masih terhitung baru sudah menembus ke dalam pasar internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen skincare somethinc. Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsumen yang membludak untuk membeli Somethinc ditengah tengah persaingan ketat industri kosmetik saat ini dan juga banyaknya brand lokal yang hadir beberapa tahun terakhir ini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Penelitian menggunakan 100 responden sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa PTN konsumen Somethinc kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh hasil bahwa nilai koefisien korelasi (R) sebesar nilai sebesar 0,523 hal ini berarti 52,3% keputusan pembelian konsumen Skincare Somethinc Medan dapat dipengaruhi oleh Celebrity Endorser (X1) dan Kualitas Produk (X2)</p>Madeliene Silalahi, Nicholas Marpaung
Copyright (c) 2023 Jurnal Price : Ekonomi dan Akuntasi
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/1696Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERGERAKAN HARGA SAHAM PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia)
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/1922
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Nilai Tukar, Inflasi, dan Suku Bunga terhadap Harga Saham. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 30 saham pada Jakarta Islamic Index tetapi hanya 12 saham yang masuk dalam kriteria sampel yang digunakan.. Data penelitiannya adalah data sekunder dan teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda dengan mengadakan serangkaian uji asumsi untuk menjamin kelayakan data. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data software IBM SPSS 2.5. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai tukar, dan inflasi berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham. Akan tetapi suku bunga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan uji f diperoleh f hitung sebesar 170.514 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan nilai f hitung > f tabel yaitu 1.264 > 2,86 yang berarti ada pengaruh secara simultant Nilai Tukar, Inflasi dan Suku Bunga terhadap Harga Saham.</p>Wahyu Ramadhani, Rizqy Fadhlina Putri
Copyright (c) 2023 Sean Institute
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/1922Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000PENGARUH HARGA, KUALITAS PRRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO EURO PREMIER BAKERY AND CAKE
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2040
<p>Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada Toko Euro Bakery dan Cake diantaranya adalah harga, kualitas produk dan citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Euro Bakery dan Cake. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan Rumus Slovin, dimana populasi berjumlah 306 kemudian menjadi total sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner. Teknik analisis data digunakan adalah uji regresi linear berganda<sub>. </sub>Berdasarkan hasil penelitian, bahwa terdapat pengaruh secara parsial variabel harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan variabel harga, kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Euro Bakery dan Cake</p>Sulastri, Indra Utama
Copyright (c) 2023 Jurnal Price : Ekonomi dan Akuntansi
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2040Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2372
<p>Bisnis ritel berkembang sangat pesat, Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bisnis retail yaitu pertumbuhan jumlah konsumen khususnya konsumen kelas menengah di Indonesia yang sangat pesat. Era globalisasi membawa masyarakat ke dalam perilaku yang konsumtif, dimana belanja menjadi sebuah lifestyle. Oleh karena itu peneliti berniat untuk mengetahui The Influence of Shopping lifestyle and Fashion involvement on Impulse buying. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur yang didasarkan pada penelititan terdahulu dengan kriteria yang sesuai dengan variable penelitian.</p>Tri Auri Yanti, Zahara Meutia
Copyright (c) 2023
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2372Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMPETENSI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA YAYASAN PENGEMBANGAN POTENSI SUMBER DAYA PERTAHANAN
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2585
<p>Penelitian ini dilakukan pada Yayasan pengembangan potensi sumber daya pertahanan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kompetensi dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan yayasan pengembangan potensi sumber daya pertahanan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 orang, teknik pengambilan sampel nya menggunakan metode sampling jenuh yaitu sebanyak 86 orang. sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan interview, metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, Alat uji analisis yang digunakan adalah SmartPLS v.3.0. dengan metode analisis SEM (Structural EquationModeling). Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan</p>Ahmad Fathul Kair, Magito Magito, Didin Hikmah Perkasa, Siti Annisa Wahdiniawati, Wenny Desty Febrian
Copyright (c) 2023
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2585Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000PENGARUH KOMITMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA DETERJEN SO KLIN OLEH IBU-IBU RUMAH TANGGA LINGKUNGAN II, KELURAHAN HARJOSARI I, KECAMATAN MEDAN AMPLAS
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2594
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan Komitmen dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen Pada Deterjen So Klin Oleh Ibu-Ibu Rumah Tangga Lingkungan II, Kelurahan harjosari I, Kecamatan Medan Amplas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 97 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 3,173 + 0,402X1 + 0,283X2. Pada uji parsial (Uji t) variabel komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung 6,075 > t tabel 1,985 dan nilai signifikan 0,000< 0,05 dan variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung sebesar 6,541 > t tabel 1,985 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji signifikan simulatif (Uji F) variabel komitmen dan kepercayaan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai F hitung 113,885 > F tabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0,708 artinya variabel loyalitas konsumen dapat dijelaskan sebesar 70,8% oleh variabel Komitmen dan Kepercayaan sementara sisanya 29,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini</p>Juliani Siregar, Burhanuddin Al-Butary
Copyright (c) 2023 Sean Institute
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/2594Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000WORK-LIFE BALANCE: THE ROLE AND EFFORTS OF COMPANIES IN IMPROVING EMPLOYEE PERFORMANCE
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/4673
<p>In an increasingly demanding work environment, balance between work and personal life has become an important aspect that can influence employee productivity and well-being. This research aims to examine the role of work-life balance and its efforts in improving employee performance. This research uses qualitative methods with descriptive methods. The research results show that the implementation of the work-life balance policy has a natural role in improving employee performance, namely by increasing productivity, providing better and happier mental health, increasing employee retention, strengthening the company's reputation and a more positive work environment. Apart from that, in the efforts we make towards employees in supporting the implementation of work-life balance in the work environment, there are several things that must be considered, namely providing realistic targets, setting a good example in terms of balance, holding collaborative events between employees and their families, and recognizing life. employees outside the company. Thus, implementing work-life balance is not only an organizational task, but also a shared responsibility to create a more humane and competitive work environment.</p>Rio Mattajang
Copyright (c) 2024
https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/jecoa/article/view/4673Fri, 29 Sep 2023 00:00:00 +0000