PELATIHAN DAUR ULANG SAMPAH MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA DI SD NEGERI 22 PEUSANGAN
DOI:
https://doi.org/10.58471/pkm.v2i01.1378Keywords:
daur ulang, media pembelajaran, sekolah dasarAbstract
Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang sangat besar di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik 2014 (dalam Angga & Djunaidi, 2017) menunjukkan bahwa Indonesia menghasilkan sampah sekitar 187, 2 juta ton / tahun dan menempati urutan kedua sebagai penghasil sampah terbesar di dunia. Sampah bukan hanya berasal dari rumah tangga tetapi juga dari lingkungan sekolah. Jika sampah ini dibiarkan, maka hal itu dapat menyebabkan penyakit. Banyaknya sampah ini juga disebabkan oleh ketidakpedulian masyarakat terhadap lingkungan. Oleh karena itu, membutuhkan strategi pengelolaan yang tepat, salah satunya melalui daur ulang. Pelatihan daur ulang sampah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengatasi sampah plastik dan mengembangkan kreativitas guru Sekolah Dasar agar mampu mengolah sampah menjad media pembelajaran sekaligus modal bagi siswa untuk memehami pembelajaran dengan lebih mudah melalui pelatihan daur ulang sampah. Metode pelaksanaan mencakup pengamatan lingkungan, identifikasi masalah, penentuan kegiatan pengabdian, koordinasi kegiatan pengabdian dengan calon peserta, pelaksanaan pelatiha. Kegiatan pelatihan daur ulang sampah telah berhasil dan berjalan lancar, mampu mengembangkan kreativitas dan meningkatkan pengetahuan guru terkait pengelolaan sampah.
Downloads
References
Dirjen Pengelolaan Sampah-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah. https://sipsn.menlhk.go.id. Diakses 4 desember 2022.
Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2016. Deklarasi “Kendalikan Sampah Plastik Industri. https://ppkl.menlhk.go.id/website/reduksiplastik/pengantar.php. Diakses 04 Desember 2022.
Juniartini, N. L. P. (2020). Pengelolaan Sampah Dari Lingkup Terkecil dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1), 27-40.
Rahmawati, C., Nopitasari, B. L., WD, S. M., Wardani, A. K., & Nurbaety, B. (2020). PENYULUHAN PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK MENUJU" ZERO WASTE KAMPUS UMMAT". SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 196-198.
Sudjana, Nana., Rivai Ahmad. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Alegsindo Offset
Yuliarty, P, & Anggraini, R. (2020). Pelatihan Produk Kerajinan Kreatif Dari Sampah Kantong Plastik. Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 279-285. https://doi.org/10.26905/abdimas.513.4912
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A., dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada
Haryoko. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Media Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro 3 (1) : 28-33.
Oslon, R. W. 2009. Seni Berpikir Kreatif. Jakarta : Erlangga.
Pratiwi, D. E. (2013). Penerapan Media Papan Balik (Flipchart) pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal PGSD , 01(02): 1-10.
Widiyatmoko, P. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1) : 51-56.
Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipatara