Upaya Peningkatan Minat Baca dan Kreatifitas Anak dan Remaja Melalui Kegiatan Pengabdian di Rumah Baca, Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.58471/pkm.v2i01.1555Abstract
Pendidikan di sekolah saja tidak cukup untuk memenuhi pembelajaran bagi anak usia dini. Hal ini membuat setiap anak memiliki lebih banyak waktu untuk bermain daripada belajar. Banyak metode atau cara yang dapat mengisi waktu luang anak yang awalnya hanya bermain kini menjadi bermain sambil belajar oleh karena itu Rumah Baca Rambutan didirikan. Ketika Pengabdian masyarakat, kelompok kami melakukan pembelajaran kepada anak-anak yang berada di Rumah Baca Rambutan seperti belajar berhitung, membuat kerajinan dengan upaya meningkatkan kreativitas anak dengan bantuan media kertas daur ulang, dan membuat permainan yang melatih keberanian dalam suasana yang seru dan menyenangkan. Tujuannya agar di luar jam sekolah anak-anak tetap mendapatkan pembelajaran dan tambahan wawasan. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penjelasan bagaimana memanfaatkan bahan daur ulang menjadi barang yang sangat berguna, sesi sosialisasi berupa tanya jawab tentang materi yang disampaikan, dan evaluasi kemampuan anak-anak dengan mengadakan lomba di akhir Pertemuan
Downloads
References
Ai Sri, Nurhayati.“Pedoman Rumah Belajar”, http://belajar.kemendiknas.go.id,dipublikasi 2013.diakses 5 Februari 2019
Daryanto. 2013. Media PembelajaranPerananya Sangat PentingDalamMencapai
TujuanPembelajaran. Yogyakarta,:Gava media.
A. Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, “bab 3,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 39–47, 2014.
L. Lukman, N. Mukhlisa, and S. Mahmud, “Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Upt Sd Negeri Se-Desa Mangki Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang,” Univ. Negeri Makassar, vol. XX, 2021, [Online].Available:https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl =en&user=0 AccLIAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=0wAccLIAAAAJ:Tyk- 4Ss8FVUC.
Berto Nadeak, , Sony Bahagia Sinaga, Kristian Siregar, & Edward Robinson Siagian. (2022). SOSIALISASI TENTANG PENERAPAN CBT PADA UJIAN AKHIR NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI SMK PARIWISATA IMELDA. Multidisiplin : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 26–31. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/pkm/article/view/285
Arifin, S., & Hamzah Puadi Ilyas. (2022). PELATIHAN PENULISAN PARAGRAF DESKRIPTIF BAGI SISWA MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH CILEUNGSI. Multidisiplin : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 32–38. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/pkm/article/view/279
Yentri Anggeraini, & Trislia Devana. (2022). LITERASI DIGITAL UNTUK ORANG TUA DI ERA PEMBELAJARAN DIGITAL. Multidisiplin : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 48–51. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/pkm/article/view/354
Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022). PELATIHAN PENGAJARAN PRONUNCIATION BAGI TENTOR BAHASA INGGRIS DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL. Multidisiplin : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 58–63. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/pkm/article/view/336
Jijon R. Sagala, Paska Marto Hasugian, & Penda Sudarto Hasugian. (2022). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK GURU-GURU SD SWASTA PUTRI DELI NAMORAMBE. Multidisiplin : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 70–73. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/pkm/article/view/430