PROGRAM PENDIDIKAN DAN BAKTI SOSIAL DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN KREATIFITAS ANAK DI DESA PATUMBAK II

Authors

  • Fahmi Sulaiman Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Neni Triastuti Politeknik LP3I Medan
  • Kartika Sari Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

DOI:

https://doi.org/10.58471/pkm.v2i01.1567

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Anak-Anak, Desa Patumbak II

Abstract

Pendidikan di Desapatumbak II merupakan pendidikan yang cukup terpenuhi Di bidang sarana dan prasana maupun Sumber Daya Manusia atau Pengajar nya. Akan tetapi Anak-anak yang di Desa Patumbak II memiliki minat belajar yang minim. Sehingga memungkinkan terjadinya suatu desa atau wilayah menjadi tehambat. Tujuan dilaksanakannya pengabdian bagi masyarakat ini untuk anak-anak sadar pentingnya belaja runtuk pendidikan mereka, dan Pengabdian Pada Masyarakat ini di laksanakan agar memberikan pelajaran lebih di waktu kosong mereka khususnya di hari minggu dari Siang hari sampai Sore hari. Target yang dicapai dalam pengabdian pada masyarakat ini ialah meningkatkan minat belajar anak-anak Desa Patumbak II dan tidak hanya belajar. Bermain atau dengan ice breaking jadikan pemancing agar anak-anak bisa lebih niat untuk belajar bersama . Dan jugaBakti Sosial Rumah belajar ini dapat menambah Kebersamaan anak-anak, menambah wawasan berbahasa,wawasan belajar,wawasan mengenai sampah,dan wawasan kreatifitas dalam membuat kerajinan daur ulang. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara membaca,berhitung,belajar mengaji, menciptakan kebersamaan, memilah sampah organik dan non organik ,dan membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Sesisosialisasi berupa Tanya jawab tentang materi yang disampaikan, dan melakukan evaluasi terhadap kemampuan anak-anak desa dengan mengadakan Tanya jawab di akhir belajar dan memberikan rewards kepada mereka berupa hadiah,dan setiap di akhir belajar memberikan snack kepada anak-anak, itu bentuk rasa perduli kepada mereka. Dan mengadakan lomba di akhir pertemuan sebagai bentuk Reward kepada anak-anak. Dan anak-anak yang kurang berani tampil juga berikan hadiah agar mereka tidak merasa berkecil hati. Hasil dari realisas ipengabdian pengajaran di DesaPatumbak II terlaksana dengan baik dan dapatberjalan dengan lancar dan mampu diterima oleh anak-anak Desa Patumbak II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ai Sri, Nurhayati.“Pedoman Rumah Belajar”, http://belajar.kemendiknas.go.id,dipublikasi 2013.diakses 5 Februari 2019

Daryanto. 2013. Media PembelajaranPerananya Sangat PentingDalamMencapai TujuanPembelajaran. Yogyakarta,:Gava media.

A. Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, “bab 3,” Pap. Knowl. Towar. a Media Hist. Doc., pp. 39–47, 2014.

Samsir, I. (2020). Hubungan Budaya Literasi dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Prodi PGSD FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131.

Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645Yuliana, W. and Hakim, B.N “Darurat Stunting dengan Melibatkan Keluarga” Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. (2019).

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Fahmi Sulaiman, Neni Triastuti, & Lubis, K. S. (2023). PROGRAM PENDIDIKAN DAN BAKTI SOSIAL DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN KREATIFITAS ANAK DI DESA PATUMBAK II. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 26–32. https://doi.org/10.58471/pkm.v2i01.1567