UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 3 TANJUNG MEDAN

Authors

  • Ilham Ade Pratama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Munawir Pasaribu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58471/pkm.v2i02.1593

Keywords:

Keterampilan mengajar siswa

Abstract

Persepsi mahasiswa terhadap keterampilan dalam mengajar Mahasiswa PKP (Professional AbilityDevelopment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat mahasiswa terhadap dunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, diskusi, praktik. Pendapat mahasiswa (90,5%) atau mahasiswa jarang mengungkapkan hasil pemikirannya, sehingga berdampak pada mahasiswa yang bosan (kurang tertarik) untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Guru dalam kegiatan mengajar dituntut untuk menggunakan metode tersebut agar tujuan kegiatan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Dalam menggunakan metode deskriptif bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin mengemukakan pendapatnya, sehingga mahasiswa aktif dan mencari solusi/jawaban atas pelajaran tersebut. Metode diskusi adalah membantu siswa yang tidak memahami siswa sehingga siswa lain dapat memberikan pernyataan tentang masalah tersebut. Sehingga siswa dapat memahami semua yang tidak mereka ketahui.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Anonimus, Pemerintah Republik Indonesia,2003.UU RI No. 20, Tahun 2003 tentang Fungsi Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekertariat RI.

Depdiknas, 2004. Penilaian. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2023-02-26

How to Cite

Pratama, I. A., & Pasaribu, M. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 3 TANJUNG MEDAN. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 37–40. https://doi.org/10.58471/pkm.v2i02.1593