LESSON STUDY LEARNING COMMUNITY MELALUI MODEL TRANSCRIPT BASED LEARNING ANALYSIS (TBLA) DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.58471/pkm.v2i03.2182Keywords:
lesson study learning community, model TBLA, pembelajaran mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi di ITSNU PasuruanAbstract
Lesson Study Learning Community (LS-LC) melalui model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) adalah suatu pendekatan pengembangan yang menggunakan teknik pengamatan dan analisis transkrip sebagai alat evaluasi dan perbaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas Lesson Study dengan menggunakan model Transcript Based Learning Analysis(TBLA) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan subjek Mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi kelas 22D-b di ITSNU Pasuruan dengan model (TBLA) yang digunakan untuk mengukur kualitas pembelajaran. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lesson Studydengan menggunakan model (TBLA) efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi. Model (TBLA) juga membantu para calon guru biologi dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, serta membantu dalam mengembangkan kemampuan kolaborasi dan refleksi. Penelitian lanjutan dengan subjek penelitian yang lebih banyak dan menggunakan desain metode penelitian yang lebih kuat dapat dilakukan untuk mengembangkan Lesson Study dengan menggunakan model TBLA sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi.
Downloads
References
Hiebert, J., Gallimore, R., Garnier, H., Givvin, K. B., Hollingsworth, H., Jacobs, J., Chui, A. M. Y. (2003).Teaching mathematics in seven countries: results from the TIMSS 1999 video study. National Center for Education Statistics.Hollingsworth, H., & Sockett, H. (1991). Using structured microteaching in teacher education. Routledge.
Lewis, C., Perry, R., & Hurd, J. (2009). A deeper look at lesson study. Educational Leadership, 67(3), 44-49.
Lewis, C. (2015). What is the purpose of lesson study? Educational Researcher, 44(5), 260-267.
Prawat, R. S. (1992). Teachers' beliefs about teaching and learning: A constructivist perspective. American Journal of Education, 100(3), 354-395.
Putri, R. S., & Suyanto, E. (2020). Analisis pembelajaran berbasis TBLA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah biologi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(1), 55-65.
Remillard, J. T. (2005). Examining key concepts in research on teachers' use of mathematics curricula. Review of Educational Research, 75(2), 211-246.
Yoshida, M., & Kato, H. (2008). Teacher learning through lesson study: A Japanese approach to improving the quality of teaching. Routledge.