PELATIHAN PENULISAN PARAGRAF DESKRIPTIF BAGI SISWA MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH CILEUNGSI

Authors

  • Syaadiah Arifin Fakultas Pasca Sarjana (SPs), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka (Uhamka)-Jakarta
  • Hamzah Puadi Ilyas Fakultas Pasca Sarjana (SPs), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka (Uhamka)-Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58471/pkm.v1i02.279

Abstract

Abstrak

Menulis, terutama menulis dalam bahasa Inggris, merupakan kegiatan yang tidak mudah bagi pelajar Indonesia. Hal ini disebabkan karena menulis terdiri dari proses kognitif yang kompleks dan membutuhkan banyak latihan dan strategi atau teknik yang tepat. Hasil wawancara menginformasikan bahwa kendala utama bagi siswa dalam menulis adalah sulitnya mendapatkan ide ketika siswa ingin mulai menulis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan penulisan paragraf deskriptif kepada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Cileungsi. Pelatihan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Google Classroom, dan WhatsApp Group (WAG). Metode pembelajaran yang digunakan adalah perkuliahan (pemaparan materi oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat), diskusi (diskusi interaktif antara tim pengabdian masyarakat dengan mahasiswa), dan praktik (latihan kelompok). Teknik yang digunakan adalah mind-mapping (clustering) dan WH-Q. Teknik-teknik ini dipilih karena mudah dipahami oleh penulis pemula. Siswa  dibimbing untuk menulis melalui tahapan-tahapan seperti Pra Menulis atau tahap perencanaan (Pre Writing), Saat Menulis (While Writing), dan Menulis(Post Writing) Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan sebelum dan sesudah pelatihan, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat menemukan bahwa teknik yang sederhana dan mudah dipahami dapat memotivasi siswa untuk menulis. Dengan teknik sederhana ini, siswa bisa mendapatkan ide dengan lebih efisien dan menyelesaikan tulisannya dengan cepat.

Kata Kunci: menulis, paragraf deskrispsi, klaster, pertanyaan WH

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-07

How to Cite

Arifin, S., & Hamzah Puadi Ilyas. (2022). PELATIHAN PENULISAN PARAGRAF DESKRIPTIF BAGI SISWA MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH CILEUNGSI. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 32–38. https://doi.org/10.58471/pkm.v1i02.279