DOES WEBSITE APPEARANCE AFFECT PURCHASE INTENTION?

Authors

  • Tiara Melati Putri Stikubank University
  • R.A. Marlien Stikubank University

Keywords:

promotion, purchase intention, trust, website appearance

Abstract

One form of consumer behavior is the interest or desire to purchase a product or service. The purpose of this research is to determine the influence of website appearance and promotion on purchase intention mediated by trust. The population in this study is Shopee application users in the Semarang City area. The sample size is 112, using purposive sampling technique. The findings show that website appearance and promotion have a positive and significant effect on trust. Website appearance, promotion, and trust partially have a positive and significant effect on purchase intention. Trust can be a mediating variable for the influence of website appearance and promotion on consumer purchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. N. Safitri and R. Basiya, “Pengaruh Brand Image, Lifestyle, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Toko 3Second,” YUME J. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 450–458, 2022, doi: 10.37531/yume.vxix.3463.

D. Ramdhani and S. Widyasari, “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga,Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo.,” J. Ilm. Akunt. Dan Keuang., vol. 4, no. 3, pp. 1651–1667, 2021.

S. Mutadun and E. Tjahjaningsih, “Pengaruh Brand Ambasador Celebrity, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus Market Place Shopee),” Econ. Digit. Bus. …, vol. 3, no. 2, pp. 123–131, 2022, [Online]. Available: https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/178%0Ahttps://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/download/178/90

A. L. Dzaki and D. A. Zuliestiana, “Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pengguna Situs E-Commerce Jd.Id,” e-Proceeding Manag., vol. 9, no. 2, pp. 125–139, 2022.

N. Handrian and E. Soliha, “Keputusan Pembelian: Peran Price Discount, Lifestyle, dan Kepercayaan Konsumen,” J. Mirai Manag., vol. 7, no. 2, pp. 348–355, 2022.

E. Japarianto and S. Adelia, “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee,” J. Manaj. Pemasar., vol. 14, no. 1, pp. 35–43, 2020, doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35-43.

A. Romadlon, R. A. Marlien, and S. Widyasari, “Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli (Studi Pada Akun Instagram Kawaii Coklat) Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli (Studi Pada Akun Instagram Kawaii Coklat),” in Proceeding SENDIU 2020, 2020, pp. 701–707.

N. B. F. Shahnaz and Wahyono, “Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online,” Manag. Anal. J., vol. 32, no. 2, pp. 254–255, 2016, doi: 10.1103/PhysRevSeriesI.32.254.

D. Solihin, “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 38–51, Jun. 2020, doi: 10.33753/mandiri.v4i1.99.

K. C. Sujana and N. W. S. S. Suprapti, “Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Situs Terhadap Minat Konsumen Untuk Berbelanja di Situs Zalora,” E-Jurnal Manaj. Unud, vol. 5, no. 1, pp. 595–622, 2016.

R. Piarna, “Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dalam Menentukan Keputusan Bertransaksi Pada E-Commerce,” J. Ekon. dan Bisnis Indones., vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2016, doi: 10.37673/jebi.v1i2.45.

R. D. Hariadi and S. Sulistiono, “Pengaruh Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen, Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online OLX,” J. Inform. Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2021, doi: 10.37641/jikes.v1i1.402.

A. I. Permana, “Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak,” Ekon. Bisnis, vol. 25, no. 2, pp. 94–109, 2020, doi: 10.33592/jeb.v25i2.422.

S. A. Wahyono and Susilawati, “Pengaruh bauran promosi terhadap kepercayaan dan dampaknya terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah (Studi Kasus Politeknik LPKIA Kota Bandung),” J. Indones. Membangun, vol. 15, no. 2, pp. 82–100, 2016.

M. A. Ardiansyah and E. Soliha, “Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vario 150cc di Desa Demaan Kota Jepara,” YUME J. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 339–349, 2022, doi: 10.37531/yume.vxix.234.

T. Yosef, “MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TINJAUAN MELALUI PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS (Konsep Dan Studi Kasus),” vol. 2, no. 1, pp. 10–21, 2021.

D. Sartika, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen,” J. Penelitan Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 10–21, 2017, doi: 10.33633/jpeb.v2i1.2231.

B. Saidani, L. M. Lusiana, and S. Aditya, “Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee,” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 2, pp. 425–444, 2019.

I. V. Sembada, Bustam, and E. Hotimah, “Pengaruh Promosi dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Lyfira Hijab Dimediasi oleh Kepercayaan ( The Influence of Promotions and Testimonials on Purchase Intention of Lyfira Hijab Products is Mediated by trust ),” J. Ekon. Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 1, p. 22, 2022, [Online]. Available: http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/ekomabis/article/view/276

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran, 3rd ed. Yogyakarta: Andi, 2015.

R. C. Mayer, J. H. Davis, and F. D. Schoorman, “An Integrative Model of Organizational Trust,” Acad. Manag. Rev., vol. 20, no. 3, pp. 709–734, 1995.

D. J. Priansa, Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia, 2017.

I. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (edisi kelima),” Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. 2018. doi: 10.9744/jmk.10.2.pp. 124-135.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Putri, T. M., & R.A. Marlien. (2023). DOES WEBSITE APPEARANCE AFFECT PURCHASE INTENTION?. Jurnal Ekonomi, 12(3), 1767–1773. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/2549