Influence Of Price, Location And Quality Of Service Towards Customer Loyalty Mediated By Satisfaction (Study On Consumers Of Lamongan Boran Rice)

Authors

  • Safiratun Najah Management Study Program, Lamongan Islamic University
  • Sabilar Rosyad Management Study Program, Lamongan Islamic University
  • Indira Shofia Maulida Management Study Program, Lamongan Islamic University

Keywords:

Price, Location, Service Quality

Abstract

The development of the culinary industry is increasing, initially only as consumption, now it is a lifestyle. Culinary in Lamongan City has a role in economic growth in Indonesia, namely Nasi Boran. This study aims to analyze the factors that influence the loyalty of Nasi Boran customers in Lamongan. This study uses quantitative research and data obtained from questionnaires filled out by respondents. The population used includes all consumers who have consumed Nasi Boran Mbak Ita Lamongan and the sample used based on Hair's formula was 160 respondents. Data analysis using PLS-SEM. The results showed that price, location and service quality had no effect on customer loyalty. Price and service quality have no effect on customer satisfaction. Location has an effect on customer satisfaction. Customer satisfaction has no effect on customer loyalty. Price and service quality have no effect on customer loyalty mediated by satisfaction. Location affects customer loyalty mediated by satisfaction.

Downloads

References

Ana Fitriyatul Bilgies . 2021. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Distro Mayang Madu Paciran Lamongan. https://ejurnal.unisda.ac.id.

Albani, Adam. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan dan harga terhadap loyalitas dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada pelanggan JNE Kota Banda Aceh. ". Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, vol 7.

Alya Insani, N., & Nina Madiawati, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jimea: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 112–122. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/300

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Aprelya kumaladewi. 2023 “Pengaruh Harga Lokasi dan Kualitas pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan” https://repository.unpkediri.ac.id.

Apriansa, F. 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mm Fashion Murah Meriah Di Kec. Ilir Barat I Kota Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Chusnahchusnah. 2022 .Pengaruh pelayanan prima, kepuasan pelanggan dan lokasi terhadap loyalitas studin kasus karywawan PT. Binajasa AbadiKarya. Uia.EJournal.Id.

Cnn Indonesia 2023. makanan khas https://www.cnnindonesia.com/edukasi.ac.id.

Dedi Rianto 2023. Pengantar partial Least Squar Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Lentera Ilmu Madani. ISBN: 978-623-96926-3-6

Diana, A., & Fandy, T. (2019). Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran dan Strategi.

Djaenal, R., J. E. Kaawoan, & Rachman, I. (2021). Implementasi Kebijakan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dinas Sosial Dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kelurahan Tosa Kecamatan Tidore Timur Kota Tidore. Jurnal Governance, 1(2), 1–8.

Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 171. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.78

Herrin, N. N. P., & Mashariono, M. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Nindya Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen”. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Jaya, I. M. L. M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Kotler, & Amstrong. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Lonan, J. F., Ogi, I. W. J. M., & Karuntu, M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Aplikasi Tokopedia (Studi Mahasiswa Di Feb Unsrat). Jurnal EMBA, 11(3), 102–112.

Maharesta Novindri. 2021 “Pengaruh harga dan lokasi terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan sebagai variabel intervening in the wirda mini market in city padang” https://ejurnal-unespadang.ac.id

Ma'sumah, S. 2019. Kumpulan Cara Analisis Data Beserta Contoh Judul dan Hipotesis Penelitian. CV.Rizquna

Musfar, T. F., & Se, M. M. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Nurfalawati. 2020 “ Pengaruh lokasi dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen pada kedaisuhendar coffe bima” https://ejurnal.seminar-id.com

Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengarui Loyalitas Pelanggan; Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Literature Revie Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 582–591.

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Rizal, A. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish

S Ksatriyani. 2019 “ Pengaruh kualitas layanan brand image dan harga terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan RSI jemur sari Surabaya” http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id.

S Rosyad (2019) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt. Kemilau Bumi Santosa Gresik, Media Mahardhika, Pp. 467-470

S Rosyad & M Musyafaq (2018) Analisa Pengendalian Kualitas Dan Proses Produksi Terhadap Harga Pokok Produksi Pada Pt. Wahana Surya Plastik Surabaya, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), Volume 3 Issue 2 Pages 703-711

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. CV.PUSTAKA ABADI.

Sukanti Sukanti, N., Herlambang, P., Geriadi, M., & ., K. 2021. Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen UD. Sumber Jaya Motor Denpasar Bali. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata.

Surya, A., & Hanif, N. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (A. Surya (ed.)). Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=4LheEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA8&dq=Menghadapi+persaingan+yang+semakin+ketat+loyalitas+penting+terhadap+kelangsungan+hidup+suatu+perusahaan.+Cara+tersebut+harus+mampu+berkelanjutan+dalam+menjaga+dan+meningkatkan+loy

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran. Penerbit ANDI.

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayan, Kualitas Produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada caffe silol, https://repository.ustjogja.ac.id.

Wiranata, A. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kafe RS Kopi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(3), 1–18. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3013

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Safiratun Najah, Sabilar Rosyad, & Indira Shofia Maulida. (2024). Influence Of Price, Location And Quality Of Service Towards Customer Loyalty Mediated By Satisfaction (Study On Consumers Of Lamongan Boran Rice). Jurnal Multidisiplin Sahombu, 4(01), 163–174. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/JMS/article/view/5001