PELATIHAN PENGAJARAN PRONUNCIATION BAGI TENTOR BAHASA INGGRIS DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL
DOI:
https://doi.org/10.58471/pkm.v1i02.336Keywords:
pelatihan, pronunciation, Bahasa InggrisAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang pengajaran bagi tentor Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal. Mengajarkan pronunciation kepada siswa yang bukan penutur asli bahasa Inggris mempunyai beragam tantangan.Sebagian guru mungkin merasa bahwa mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk memperhatikan setiap pelafalan murid yang ada dikelasnya. Oleh sebab itu, diperlukan tehnik yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami bagaimana melafalkan kata dengan benar sehingga mereka pun bisa dengan mudah mempraktekkan sendiri pelafalan- pelafalan dalam bahasa Inggris. Dalam pelatihan ini, semua peserta pelatihan bekerja dalam kelompok. Ada beberapa kelompok kecil dimana peserta bisa mempraktekkan mengajar pronunciation sesuai materi yang diberikan pemateri. Ada lima materi yang disampaikan pada peserta pelatihan meliputi phonetic symbol, stress and intonation, drilling of minimal pair, repetition of voiced and voiceless sounds, penggunaan stress dan intonation yang baik dan penggunaan game dan tongue twister ebagai alternatif dalam pengajaran pronunciation.
Downloads
References
H. D. Brown, “Principles of Language Learning and Teaching Fourth Edition.” Addison Wesley Longman, Inc., New York, 2000.
S. Thornbury, “How to Teach Vocabulary.pdf.” p. 185, 2002.
B. T. Lidyawaty and A. R. Septiana, “An Analysis of Pronunciation Errors In Speaking of 2nd Semester Students of English Educate Department Universitas Bhinneka PGRI,” JPPM Kepri J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy. Kepul. Riau, vol. 1, no. 2, pp. 85–92, 2021, doi: 10.35961/jppmkepri.v1i2.299.
A. M. Ningsih and N. Afningsih, “Pelatihan Teknik ‘Drilling’ Dalam Pengajaran Pengucapan Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Has. Pengabdi. 2019, 2019.