PELATIHAN BAHASA INGGRIS BEREKUIVALENSI TOEFL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL

Authors

  • Moh Hanafi Universitas Bhinneka PGRI
  • Ayu Rizki Septiana Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.58471/pkm.v1i02.407

Abstract

Berkaitan dengan komitmen Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris santri-santrinya, untuk itulah program ini dirancang sebagai upaya untuk memberikan sumbangan yang bermanfaat bagi masyarakat. Pelatihan Bahasa Inggris berekuivalensi TOEFL ini diharapkan dapat membantu para santri untuk memotivasi diri dan mengoptimalkan potensi yang mereka miliki dalam bahasa Inggris sehinga mereka dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi sekolah, dan terlebih lagi bagi pengembangan karir mereka sendiri. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini mendapatkan sambutan positif dari pihak Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal, terutama karena program ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Bentuk sambutan positif tersebut antara lain terlihat dari partisipasi aktif, baik dari pihak sekolah maupun dari peserta pelatihan. Motivasi peserta pelatihan untuk mengikuti proses pelatihan cukup antusias. Hal ini menandakan adanya keinginan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam penguasaan Bahasa Inggris dan pemahaman akan pentingnya Bahasa Inggris, terutama berkaitan dengan TOEFL. Antusiasme ini juga tercermin dari peningkatan skor yang didapat oleh peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan selama 5 kali pertemuan, dengan 2 sesi pada masing-masing pertemuan. Selama kegiatan, peserta yang hadir mampu mencapai 80% dari 35 santri putri yang menjadi peserta pelatihan. Umumnya, mereka sangat antusias untuk belajar TOEFL karena menyadari pentingnya penguasaan Bahasa Inggris di era global.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Hanafi, M., & Septiana, A. R. (2022). PELATIHAN BAHASA INGGRIS BEREKUIVALENSI TOEFL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 52–57. https://doi.org/10.58471/pkm.v1i02.407