THE EFFECT OF E-WOM, E-TRUST AND E-SERVICE QUALITY ISLAMIC ON PURCHASE DECISIONS ON MS GLOW SKINCARE PRODUCTS
Keywords:
E-Trust, E-WOM Islamic E-Service Quality, Purchase DecisionsAbstract
The purpose of this study was to examine the effect of the quality of E-WOM, E-Trust, and Islamic E-Service on purchasing decisions for MS Glow skin care products. The data source for this research is primary data obtained from the sample. In particular, primary data was obtained from residents of Medan who bought MS Glow skin care products at least once, including a sample of 100 respondents from various areas of Medan using the questionnaire distribution method. (1) The results of this study indicate that the E-WOM variable has a significant and positive effect on purchasing decisions. (2) The E-TRUST variable has a slightly significant positive influence on purchasing decisions. (3) the Islamic e-service quality variable has a partial and significant positive effect on purchasing decisions; (4) Simultaneously the variables E-WOM, E-TRUST and E-Service Quality Islamic have a significant and positive effect on Purchase Decision.
Downloads
References
Amilia, Suri dan M. Oloan Asmara Nst. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.6, No.1.
Arwani, Agus. 2015. Epistemologi Hukum Ekonomi Islam (Muamalah). Religia, Vol.15 No.2.
Cahyani, P. D. 2016. Tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas layanan perbankan syariah di Yogyakarta. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2).
Emeralda, dkk. 2020. Analisis E-Trust, E Wom, dan E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online. Jurnal Perspektif Bisnis. Vol.2 No.2.
Haris, R., & Lasika, M. D. 2019. Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi. ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, 3(2).
Kartika, M., & Ganarsih, R. L. 2019. Analisis E-Wom, online shopping experience dan trust terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen e-commerce pada mahasiswa pascasarjana Universitas Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 11(2), 289-307.
Kusnanto, D., dkk. 2020. Pengaruh Trust Dan E-service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(1)
Medah, Melgiana. 2016. E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan, Jurnal Partner, No 1.
Mujiyana, Ingge Elissa. 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online, JTI Undip, Vol VIII, No 3.
Nasution, H. F. 2018. Pengaruh Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1).
Sugiono. Metode Penelitian Manajemen, Cet. Ketiga. Bandung: Penerbit Alfabeta, Suhri, Muhammad Perencanaan Keuangan Islam Secara Sederhana Oleh Ibu Rumah Tangga Dalam Bisnis E-Commerce Pada Pengguna Online Shop di Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa, Portal Jurnal Online Kopertais Wilayah IV (EKIV).
Suprapto, Ribut dan Durrotun Nafisah. 2020 Pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan islami terhadap keputusan pembelian konsumen di unit toko ausath grosir sembako koppontren ausath blokagung, Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam Vol I No I.
Verina, E. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial facebook (survei pada konsumen toko fashion di jejaring sosial facebook yang berlokasi di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).
Wong, D. 2017. Pengaruh ability, benevolence dan integrity terhadap trust, serta implikasinya terhadap partisipasi pelanggan e-commerce: studi kasus pada pelanggan e-commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155-168.
Wong, D. 2019. Pengaruh ability, benevolence dan integrity terhadap trust di UBM.