AN INFLUENCE OF INTEREST RATE, FINANCIAL LITERACY AND QUALITY SERVICE ON CUSTOMER DECISION TO SAVING AT PT BANK SUMUT BRANCH PEMATANG RAYA SIMALUNGUN
Keywords:
Interest Rates, Financial Literacy, Service Quality and Savings Customer DecisionsAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of interest rates, financial literacy and service quality on customer decisions to save at PT Bank Sumut Pematang Raya Simalungun Branch. The types of data used in this study are quantitative data, using primary data sources. The data collection method used a questionnaire. The population in this research is a customer of Bank Sumut, Pematang Raya Simalungun Branch who uses the Martabe savings type in 2020 and 2021 as much as 33,271 people. Quality service has a positive effect on customer decisions to save at the bank North Sumatra Simalungun Branch Pematang Raya. Simultaneously the interest rate, financial literacy, and service quality have a positive effect on customer decisions save at PT Bank Sumut Pematang Raya Simalungun Branch. Quality service has a positive effect on customer decisions to save at the bank North Sumatra Simalungun Branch Pematang Raya. Simultaneously the interest rate, financial literacy, and service quality have a positive effect on customer decisions save at PT Bank Sumut Pematang Raya Simalungun Branch.
Downloads
References
Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 2014. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing.
Abarca, R. M. (2021). Pengaruh Undian Berhadiah, Profit Sharing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung.
A. Adli, N & H, P. (2009). Studi Tentang Keputusan Nasabah Dalam Menabung Di Bank Sumut Cabang Usu Medan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Rambe. Universitas Sumatera Utara Poliklinik Universitas Sumatera Utara.
Agilwaseso, S., Saryadi, & Suryoko, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suku Bunga dan Lokasi terhadap Keputusan Pengambilan Kredit di PD BKK Pemalang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Aisha, N. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Citra Merek PT Bank Sumut pada Nasabah PT Bank Sumut Cabang Medan Iskandar Muda.
Amanita Novi Yushita, Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi,Jurnal Nominal / Volume Vi Nomor 1 / Tahun 2017.
Anbiya, J. S., & Renny. (2020). Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Kualitas Pelayanan Inti dan Kualitas Pelayanan Periferal Terhadap Keputusan Penggunaan Fasilitas Pinjaman Bank BRI Oleh Karyawan PDAM Cabang Bekasi. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi.
Andasari. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Tabungan Haji Dan Umrah Pada Pt. Bank Muamalat Tbk Kcp Stabatpengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Tabungan Haji Dan Umrah.Atik,dan ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan, Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bank Indonesia, 1998. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998. Perubahan Undang-Undang No. 7 Tahun 1992. Jakarta: Gramedia.
Basu,Swastha. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPFE.
Boediono. (2014). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: BPFE. Chairil, A.,
Niangsih, F. F. (2020). Literasi Keuangan Dan Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Provinsi Bengkulu. The Manager Review. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Bisnis,
Darmawi, Herman. 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara. Erika,Dinda P. (2019). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Pelayanan Terhadap Penyaluran Kredit KPR pada PT. Bank Sumut Medan.
Fabozzi, Frank J, et al. 1999. Pasar dan Lembaga Keuangan Buku I, Jakarta: Salemba Empat.
Fuad, Fatih. 2020. Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank. Teori dan Aplikasi. Jawa Barat: CV Adanu Abimata
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guntara, Aldi. (2015) Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Minat Menabung Pada Bank Mandiri Cabang Balai Kota Medan.
Harfika, Jarliyah dan Nadiya Abdullah. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya.
Haris, H., & T, N. S. I. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus pada BTN Syariah Surakarta). Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah.
Hasan. 2004. Asuransi Dalam Perspektif Hukum Islam. Yogyakarta:Saujana Alfabeta.
Hasibuan, Melayu SP. (2011). Dasar – dasar Perbankan. Jakarta: PT. Bumi.
Hastuti, Rabihatun Idris, A. U. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan , Pendapatan Dan Pendidikan Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Rakyat Indonesia di Kecamatan Bontoramba Kabupaten Janeponto.
Hendro,Tri dan Chonny Tjandra. (2014). Bank dan Institut Keuangan Non Bank di Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Ibda, H. N. 2017). (2018). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling.
Ina, El, Maza. 2017. Literasi Keuangan Masyarakat Kota Metro Terhadap Produk Investasi Pada Asuransi Syari’ah dan Deposito Syari’ah. Jurnal Adzkiya. Lampung: IAIN Metro Lampung
Ismail. (2010). Manajemen Perbankan. Jakarta: Prendamedia Group.
Kasmir. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi, Cetakan keduabelas, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga