Analysis Behavior Consumer Regarding Product Purchase Interest Processed Pond Fish In Traditional Markets Regency Lamongan

Authors

  • Bhiaztika Ristyanadi Lamongan Islamic University
  • Luluk Nur Azizah Lamongan Islamic University
  • Suyoto Suyoto Lamongan Islamic University

Keywords:

behavior consumer, interest buy, product fishery

Abstract

Study This aim For analyze characteristics and behavior consumer as well as analyze connection between influencing factors behavior consumer to decision consumer buy product processed fish in traditional markets. Study This carried out from May to June 2024 in traditional markets regency Lamongan. Method used is method studies case. Retrieval technique sample use method accidental sampling with amount respondents in study This 109 respondents. Analysis data use model regression linear multiple with SPSS. In study This variable free covers culture (X1), social (X2), personal (X3), psychology (X4), price (X5), income (X6), quantity dependents (X7), and tastes (X8). Variable bound is decision buy (Y). Variable free in a way simultaneous influential significant to decision purchase product processed fish. Whereas in a way Partial factors that are significant influence decision buy product processed fish is factor culture (X1), factor psychological (X4), factor price (X5), factor income (X6), factor dependent (X7), and taste factors (X8). Behavioral factors the most dominant consumer influence decision buy product processed fish at traditional markets in the district Lamongan is factor psychological (X4).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhim, C. 2020. Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. Donpu. Jurnal Pendidikan Tambusai (Univeristas Pahlwan Tuanku Tambusai). Vol.4, No. 1.

Amri A., Junaidi, & Yulmardi. 2019. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Penerapannya. Bogor: IPB Press.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Belshaw, C. S. 1981. Tukar - Menukar Tradisional dan Pasar Modern. Jakarta : Gramedia.

Belshaw, C. S. 1981. Tukar - Menukar Tradisional dan Pasar Modern. Jakarta: Gramedia.

Budiarto, A. & Y. P. Evi. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor Di Kota Semarang (Studi Kasus: Pns Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Economics. Vol. 2, No. 3.

Budiarto, A. & Y. P. Evi. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor Di Kota Semarang (Studi Kasus : Pns Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Economics. Vol. 2, No. 3.

Damiati. 2017. Perilaku Konsumen. Depok : PT Grafindo Persada.

Damiati. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: PT Grafindo Persada.

Engel, J. F., Blacweel, & Winiard. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara]

Engel, J. F., Blacweel, & Winiard. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara Engel, Blackwell, & Miniard. 2006. Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara.

Gandotra. 2012. Analisis Kandungan Gizi Pada Olahan Ikan Bandeng Yang Berasal Dari Habitat Yang Berbeda.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Jakarta: Kencana.

Jurnal Kelautan. Vol. 8, No. 1.

Kementrian Kelautan dan PerOlahan Ikanan. 2021. Kelautan dan PerOlahan Ikanan dalam Angka 2021. Jakarta: Pusat data statistik dan informasi.

Kotler, P. 1999. Marketing. Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Malhotra, N. K. 2006. Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Edisi Keempat. Jilid 2. Jakarta : PT Indeks.

Nazir, M. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Oktaviastuti, E. E. 2011. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Olahan Ikan Lele di Pasar Tradisional Kabupate Boyolali. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Purba, M. N., S. Rizal., & Y. Triyono. 2020. Pengaruh Pendapatan Per Bulan, Harga, Jumlah Tanggungan Keluarga, dan Selera terhadap Keputusan Membeli Minyak Goreng Curah di Pasar Tradisional. Universitas Prima Indonesia. Medan.

Samuelson, P. & W. D. Nordhaus. 2001. Mikro Ekonomi, Jakarta: Penerbit Erlangga. Sangadji, E. M. & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Satria. 2004. Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir. Jakarta : Pustaka Cisendo Schiffman, L. L. & L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Indeks. Jakarta.

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran.

Sigit, W. I. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Olahan Ikan Segar Di Pasar Modern Jakarta (Studi Kasus Pada Tip Top Rawamangun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian PendidOlahan Ikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R/D. Bandung. Alfabeta.

Sunyoto, D. 2007. Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books Suryabrata, S. 2000. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Usnia, K., Kusai, & Zulkarnain. 2020. Perilaku Konsumen dalam Membeli Olahan Ikan Salai di Pasar Bawah Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, I(2), 74–83.

Utami, W. B. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Pribadi di Kelurahan Gonilan Kabupaten Sukoharjo. Universitas Islam Batik Surakarta. Skripsi.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Bhiaztika Ristyanadi, Luluk Nur Azizah, & Suyoto, S. (2024). Analysis Behavior Consumer Regarding Product Purchase Interest Processed Pond Fish In Traditional Markets Regency Lamongan. Jurnal Ekonomi, 13(03), 63–72. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/4937