THE EFFECT OF LEARNING EFFECTIVENESS, LEARNING INDEPENDENCE, LEARNING DISCIPLINE, AND LEARNING MOTIVATION ON UNDERSTANDING BASIC CONCEPTS OF COST ACCOUNTING AT UNIVERSITIES IN MEDAN WITH SELF EFFICACY AS MODERATION

Authors

  • Nadya Sanchristallove Lubis Universitas Prima Indonesia
  • Chris Belinda Zega Universitas Prima Indonesia
  • Riadi Riadi Universitas Prima Indonesia
  • Desy Astrid Anindya Universitas Medan Area

Keywords:

Learning effectiveness,, learning independence, learning discipline, learning motivation, cost accounting,, self efficacy.

Abstract

The purpose of this study was to prove whether there is an effect of the effectiveness of online learning, learning independence, learning discipline, and learning motivation on understanding the basic concepts of cost accounting at universities in Medan with self-efficacy as moderation that can strengthen understanding of the basic concepts of cost accounting. This study uses a type of quantitative research using the SPSS version 25.00 program. The sample of this study were students from 3 different universities in Medan, namely Prima Indonesia University, North Sumatra University, HKBP Nomensen University as many as 40 students who had taken cost accounting courses. Ddata collection method using a questionnaire.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Adirestuty, F. (2019). Pengaruh self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal wahana pendidikan, 4(1), 54-67.

. Ahmad, L. F., Danial, M., & Gani, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 2 Gowa Tahun Ajaran 2017/2018 (STUDI MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

. Amalia, R. (2017). Pengaruh resiliensi akademik dan motivasi belajar terhadap student engagement pada santri mukim pondok pesantren nurul Islam karangcempaka sumenep (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

. Apriandi, R. F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Motivasi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Akuntansi Jambi, 2(1), 27-34.

. Aryanti, Y. D., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243-260.

. Belanisa, S. (2020). pengaruh kemandirian belajar dan berfikir kritis terhadap pemahaman konsep matematika (survei pada Mts swasta di Kota Tangerang Selatan). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1).

. Benu, T. I. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 224-229.

. Berlianawati, N. L. P., & Dwija, I. G. A. M. A. (2021). Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual, Motivasi Belajar, dan Pemahaman Akuntansi pada Masa Pandemi Covid-19. E-Jurnal Akuntansi, 32(1), 3556-3567.

. Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.

. Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

. Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86-101.

. Hamzah, A. (2014). Muhlisrarini. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.

. Hartzel. (2013). Hubungan Self Eficacy dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Perkembangan Psikologi.

. Imama, H. N., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh efektivitas pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi dengan self efficacy sebagai moderasi. AKUNTABEL, 18(3), 435-443.

. Juhrani, J., Suyitno, H., & Khumaedi, K. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self-efficacy siswa pada model pembelajaran MEA. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 251-258.

. Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 379-387.

. Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95-108.

. Manalu, Y. H. (2021). Analisis Anggaran Biaya Produksi Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya pada PT Perkebunan Nusantara IV Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

. Mulyarosa, N., & Rahmawati, E. Y. (2019). Peran Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

. Munawaroh, S. (2018). Hubungan Minat dan Efikasi Diri dengan Kedisiplinan Belajar PKN. BASIC EDUCATION, 7(13), 1-224.

. Musdalifa, F. Z. (2019). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN Bandar Kedungmulyo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

. Nughraeni, I. (2018). The Relationship of Self Efficacy toward AchievementMotivation on Students of Geography Education FKIP Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan, 9(1).

. Nugroho, A. D. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar Mahasiswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Program Studi Pendidikan Akuntansi

. Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

. Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di tengah pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29-38.

. Permana, A. D. I. (2016). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).

. Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi. l(1).

. Rafiola, R., Setyosari, P., Radjah, C., & Ramli, M. (2020). The effect of learning motivation, self- efficacy, and blended learning on students’ achievement in the industrial revolution 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(8), 71-82.

. Rahmadi, R. T., Zulaihati, S., & Susanti, S. (2020). The Influence of Learning Discipline And Peer Environment on Learning Outcomes of Business Economy in Class X at One of SMK Negeri in Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, dan Akuntansi-JPEPA, 1(1), 12-24.

. Rahmawati, S. (2017). Self Efficacy dan Motivasi Berprestasi Siswa SMA Negeri 7 Purwerejo. Jurnal Psikologi.

. Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.

. Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran, jurnal pendidikan usia dini. Jakarta timur.

. Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di jurusan pendidikan geografi universitas siliwangi Tasikmalaya. Geosee, 1(1).

. Ruliyanti, B. D. (2014). Hubungan antara self-efficacy dan self-regulated learning dengan prestasi akademik matematika siswa SMAN 2 Bangkalan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(2).

. Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19.

. Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., ... & Indonesia, P. (2020). Online learning in the middle of the covid-19 pandemic. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-24.

. Saputri, D. (2013). Pengaruh Kesiapan, Kemandirian dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

. Siahaan, C. D., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279-285.

. Slameto.2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

. Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1-14.

. Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran daring berbasis Google Classroom mahasiswa pendidikan biologi pada masa wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1-10.

. Sulata, M. A., & Hakim, A. A. (2020). Figurean perkuliahan daring mahasiswa ilmu keolahragaan UNESA di masa pandemi covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3).

. Sunarti, I. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Uniku (Survei Pada Mahasiswa Semester Ganjil 2017-2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(02), 16-33.

. Syamri, L. O. (2015). Definisi Konsep Menurut Para Ahli. Laodesyamri. Net.

. Wibasuri, A., & Lilyana, B. (2014). Determinan self efficacy dalam kemandirian belajar mahasiswa pada perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung. Prosiding Sembistek 2014, 1(01), 211-227.

. Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa pgsd di saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

. Wulandari, S. (2013). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1).

. Yolandita, S. D. (2021). Hubungan Self Efficacy (Efikasi Diri) Terhadap Motivasi Belajar Biologi Kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

. Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.

. ZASTI, Y. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar PAI Melalui Metode Pembelajaran Questions Students Have Pada Peserta Didik Kelas IV SDN I Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Lubis, N. S., Zega, C. B., Riadi, R., & Anindya, D. A. (2023). THE EFFECT OF LEARNING EFFECTIVENESS, LEARNING INDEPENDENCE, LEARNING DISCIPLINE, AND LEARNING MOTIVATION ON UNDERSTANDING BASIC CONCEPTS OF COST ACCOUNTING AT UNIVERSITIES IN MEDAN WITH SELF EFFICACY AS MODERATION. Jurnal Ekonomi, 12(02), 584–596. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/1768