ENCOURAGING ENTREPRENEURIAL BEHAVIOR AND SPIRIT IN REALIZING ENTREPRENEURIAL INDEPENDENCE

Authors

  • Iwan Usma Wardani Universitas Hamzanwadi
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Entrepreneurship, Self-reliance, SMEs

Abstract

Attitude and behavior are the unity of a person's character formed by daily habits. An entrepreneur's behavior is influenced by internal and external factors. These factors are: (ownership, public relations), skills/competencies (competencies/skills), and incentives, external factors include the environment, so that attitudes and behaviors can be changed by oneself, and/or there is environmental pressure/influence Involves influences both inside and outside the environment that develop certain individual attitudes and behaviors. It is necessary to anticipate the difficulties faced by SMEs related to entrepreneurial assessment, business values ​​, and entrepreneurial behavior that can affect the realization of self-reliance efforts. This study analyzes the impact of entrepreneurship and entrepreneurial values ​​on entrepreneurial behavior to create entrepreneurial independence. This entrepreneurial spirit has a direct positive effect on entrepreneurial behavior and an indirect positive effect on entrepreneurial independence.

Downloads

References

Z. Auzar, “Kemiskinan, Gender, dan Covid-19 Jatim: Feminization of Poverty, Multiple Pandemic, and Feminization of Pandemic,” in Prosiding Seminar Nasional Penanggulangan Kemiskinan, 2021, vol. 1, no. 1.

D. Hendarwan, “Menumbuhkan jiwa, perilaku dan nilai kewirausahaan dalam meningkatkan kemandirian bisnis,” MBIA, vol. 17, no. 2, pp. 59–68, 2018.

A. R. Siregar and Z. M. Nawawi, “Menumbuhkan Perilaku dan Nilai Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Bisnis di Kota Medan,” ManBiz J. Manag. Bus., vol. 2, no. 2, pp. 204–213, 2023.

R. Indonesia, “Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 06/per/M,” KUKM.

A. Yunani, “STRATEGI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF PEMANGKU KEPENTINGAN PEMBANGUNAN (Studi Kasus Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Kebijakan Pembangunan Kabupaten Hulu Sungai Tengah).” LPPK Lareca Mandiri Banjarmasin, 2012.

R. Budiarto et al., Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Ugm Press, 2018.

A. Wijayanto and I. Prasetyo, “Evaluasi program pendidikan kewirausahaan masyarakat,” JPPM (Jurnal Pendidik. Dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 5, no. 2, pp. 96–107, 2018.

S. Herawati, “Kebijakan Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara bagi Generasi Muda,” Sukma J. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 161–178, 2020.

P. Y. Aprillianita, E. Ahman, and K. Kodri, “Internalisasi soft skills dan minat kewirausahaan dalam pembentukan jiwa kewirausahaan,” J. Ris. Pendidik. Ekon., vol. 5, no. 2, pp. 70–78, 2020.

M. Simanjuntak et al., Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Yayasan Kita Menulis, 2022.

H. M. P. Simarmata et al., Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. Yayasan Kita Menulis, 2021.

V. Siagian et al., Pengantar Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

N. A. PERMATASARI, “PENGARUH MOTIVASI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagun,” 2022.

E. Widayati, H. Yunaz, T. Rambe, B. W. Siregar, A. Fauzi, and R. Romli, “Pengembangan kewirausahaan dengan menciptakan wirausaha baru dan mandiri,” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilm. Manaj. Bisnis dan Inov. Univ. Sam Ratulangi)., vol. 6, no. 2, 2019.

Y. Mulyana, “Peran Sumber Daya Manusia (SDM)/Generasi Muda Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0,” Prismakom, vol. 16, no. 1, pp. 36–46, 2020.

S. Hartono, “Menumbuhkan Jiwa, Perilaku dan Nilai Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Bisnis,” EKOMA J. Ekon. Manajemen, Akunt., vol. 1, no. 2, pp. 234–241, 2022.

S. E. I. Leni Saleh, “IDE, KREATIVITAS DAN INOVASI,” Kewirausahaan, p. 37, 2022.

L. N. Hia, R. Madhakomala, and R. Rugaiyah, “The concept of student entrepreneurship in the era of independent learning,” INTELEKTIUM, vol. 3, no. 1, pp. 96–107, 2022.

M. Simanjuntak et al., Kewirausahaan: Konsep dan Strategi. Yayasan Kita Menulis, 2021.

R. F. Ramdhani et al., Pendidikan Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Z. Khairani, F. Kamilah, and E. Soviyanti, “PERAN PENDIDIKAN FORMAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP POTENSI KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA,” J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 15, no. 2, pp. 139–149, 2018.

M. A. Firmansyah, M. M. SE, S. E. Anita Roosmawarni, and M. SE, Kewirausahaan (Dasar dan Konsep). Penerbit Qiara Media, 2019.

A. Astuti, “Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pembentukan Jiwa Kewirausahaan di Lingkungan Mahasiswa STPKat Semarang,” J. Penelit. Pendidik. Agama Katolik, vol. 1, no. 2, pp. 149–169, 2021.

A. Hasibuan, D. Novita, N. M. R. Tarigan, Y. Yusrita, and Z. Riana, Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis, 2021.

M. Akbar, “Kewirausahaan Ditengah Revolusi Industri 4.0: Teori Dan Konsep Tinjauan Ekonomi Islam,” J. Adz-Dzahab J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 6, no. 1, pp. 13–24, 2021.

R. R. Yusuf, “Globalisasi dan Akuntabilitas Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),” J. Pembang. dan Adm. Publik, vol. 3, no. 2, 2021.

L. Fauziyah, “Peran Lembaga Swadaya Masyarakat Menurut Intruksi Menteri Peran lembaga swadaya masyarakat menurut Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 8 tahun 1990 tentang pembinaan lembaga swadaya masyarakat dalam perspektif fiqh siyasah: studi kasus tentang LSM LIRA di.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.

F. Fajrillah et al., Smart entrepreneurship: peluang bisnis kreatif & inovatif di era digital. Yayasan Kita Menulis, 2020.

F. Hapsari, L. Desnaranti, and S. Wahyuni, “Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh,” Res. Dev. J. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 193–204, 2021.

S. Machmud and I. Sidharta, Kewirausahaan dan Kemampuan Berinovasi: Diandra Kreatif. Diandra Kreatif, 2022.

E. Himayaturrohmah, “Model Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Minat.” LITBANGDIKLAT PRESS, Jakarta, 2020.

P. U. W. Putro, “PERILAKU ORGANISASI.” UNIPMA Press, 2020.

H. Wibowo, Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media, 2020.

A. R. C. Limbong, “Perilaku Komunikasi Anggota Komunitas Baraya Batim Bikers Mempertahankan Loyalitas.” Universitas Komputer Indonesia, 2019.

E. Laiuluy, H. Akib, and A. O. T. Awaru, “Pola Perilaku Sosial Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Untuk Berwirausaha Secara Mandiri,” EDULEC Educ. Lang. Cult. J., vol. 1, no. 1, pp. 116–130, 2021.

M. Taali, T. Prihatinta, and A. Prihadyatama, “Peran Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Usaha,” Epic. J. Manajemen, Adm. Pemasar. dan Kesekretariatan, vol. 3, no. 1, pp. 23–29, 2019.

S. Sukirman, A. Zazuli, and Z. Afifi, “ANALISIS PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUIPERILAKU KEWIRAUSAHAAN,” MADIC, 2019.

R. SIMANJUNTAK, “PENGARUH MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KELURAHAN KARANG BEROMBAK KECAMATAN MEDAN BARAT,” 2022.

Sugiyono, Metode penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2015, 2017.

G. R. Alfrian and E. Pitaloka, “Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia,” in Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 2020, vol. 6, no. 2, pp. 139–146.

S. Echdar, “Manajemen entrepreneurship: Kiat sukses menjadi wirausaha,” 2016.

L. R. A. Sirait, “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kohesivitas Kelompok dengan Komitmen Organisasi Pada UKM KSR di Universitas Yogyakarta.” Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2018.

R. P. U. Sriwidodo, “Pengaruh pengetahuan keuangan dan pengalaman keuangan terhadap perilaku perencanaan investasi dengan self control sebagai variabel moderating,” J. Ekon. dan Kewirausahaan, vol. 15, no. 1, 2015.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Wardani, I. U., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2022). ENCOURAGING ENTREPRENEURIAL BEHAVIOR AND SPIRIT IN REALIZING ENTREPRENEURIAL INDEPENDENCE. Jurnal Ekonomi, 11(03), 1884–1889. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/1045