THE INFLUENCE OF LIFESTYLE, TRUST AND PRODUCT VARIATIONS ON CONSUMER SATISFACTION (STUDY ON CONSUMERS OF RESTO COFFE ANTARA MANTAN SEMARANG)
Keywords:
Lifestyle, Trust, Product Variety, Consumer SatisfactionAbstract
The purpose of the study was to analyze the influence of lifestyle variables on consumer satisfaction, the influence of trust variables on consumer satisfaction and the influence of product variation variables on consumer satisfaction.the object of this study is Resto Coffe Antara Mantan Semarang. The type of research conducted is quantitative research. The number of samples in this study was 84 Consumers of Resto Coffe Antara Mantan Semarang. The technique used in data collection is to use questionnaires. By using data analysis techniques that include descriptive statistical testing, data quality, classical assumptions, influences, and hypotheses. The results of the research obtained are Lifestyle has a positive and significant effect on consumer satisfaction, Trust has a positive and significant effect on consumer satisfaction and Product variations have a positive and significant effect on consumer satisfaction.
Downloads
References
Adhinda, E. G., Arief, M. Y., & Soeliha, S. (2022). HARGA DAN SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) DALAM MENENTUKAN KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA COFFEE SHOP TITIK KUMPUL CAPORE SITUBONDO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(3), 508-522.
Akyasa, M. N., Prabowo , H., & Utami P, R. H. (2023). Faktor-Faktor Disiplin Kerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening . Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen Indonesia, 1(02), 44–53.
Adnan, A. (2021). Pengaruh Atmosfer Café, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Dokter Kupi Café di Kota Lhokseumawe). VISIONER AND STRATEGIS, 9(1).
Ahmad, M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. . 2020. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 25–31.
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Managerial- Jurnal Penelitian Ilmu Managemen, 2(2), 62–72.
Cornella, L., & Rahadi, D. R. 2020. Emosi Konsumen Dalam Mendukung Kepuasan Pembelian Secara Online Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 1(01), 1–10. https://doi.org/10.32815/jpro.v1i01.298
Faradisa, Isti, Leonardo Budi H, and Maria M Minarsih, 2016, “Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Cafe),” Jurnal Manajemen Universitas Padanaran Semarang Vol. 2, no. 2 (2016)
Firmansyah, Anang, 2019, Pemasaran Produk dan Merek (Planing & Strategi, 2019)
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goni, L. P., Tumbel, A. L., & Mandagie, Y. (2022). PENGARUH VARIASI PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN DAN KOPI CHAMAR KAWANGKOAN. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 224-232.
Indrasari, Meithiana, 2019 Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Surabaya
Istighfarin, A. A. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI EPIDEMIKOPI JOMBANG (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara).
Juni, Donni, 2017. Perilaku Konsumen: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta
Karinadewi, Ayunda Pranatiwi 2012, Today’s Special Coffee Toffee (Studi Deskripsi Faktor-faktor pertimbangan dalam mengemas produk Today’s Special Coffee Toffee), Tugas Akhir, Universitas Airlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks
Luthfianto, Dawud dan Suprihhadi, Heru. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Café Jalan Korea. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 2
Mahendra, Kevin Putra dan Ratih Indriyani, 2018. Pengaruh Kepercayaan. Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. Jurnal Agora
Mardo, Subagiyo Ali. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. (Sartono, Ed.) (Cetakan 1). Yogyakarta: Deepublish
Muchsin, M. 2017. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Kepuasan Konsumen Blackberry di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visioner & Strategi, 6(1), 85– 89
Nawangsari, ND Putri, 2020. Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna BNI Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai Variabel Intervenig. Jurnal Ilmiah Matrix 22(1), 55 – 63
Pangesti, W. E. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pelayanan Yang Diterima Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Simbiosa Coffee Di Kabupaten Kepulauan Selayar) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Permata S, Ayu Ratih., & Ni Nyoman Kerti Y. 2020. Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com. Klaten: Lakeisha
Permata S, Ayu Ratih., & Ni Nyoman Kerti Y. Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com. Klaten: Lakeisha, 2020.
Prasetya, Dwi Ilham dan Muhammad Edwar, 2014. Pengaruh Gaya Hidup, Fitur Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jejaring Sosial Twitter Di Surabaya Selatan, Universitas Negeri Surabaya
Rahmadika, N. A., & Kristaningsih, T. 2018. Pengaruh Brand Imange dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jeans Levi’s (Studi Pada Masiswa Aktif DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Poleteknik Negeri Malang Tahun 2017/2018). Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 301–305.
Setiawan, Andri Tri, Achmad Fauzi DH dan Brillyanes Sanawiri, 2018,“Pengaruh Gaya Hidup dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian”, Jurnal: Administrasi Bisnis : Vol 65, No. 1, Tahun 2018
Sholeha, Ludviyatus et al. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di AHASS Sumber Daya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 12(1).
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung
Sulasno, Wahyuddin, & Agustin, F. 2020. Local Wisdom of Sugar Palm Farmers in Cijaku Subdistrict (Between Traditions and Economic Demands). LITERATUS, 2 (1), 1-7. https://doi.org/10.37 010/lit.v2i1.1
Susanto, B. H., Arifin, R., & Khalikussabir, K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Lokasi Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study kasus pada pelanggan Sarijan Café). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(01).
Utomo, S. B., dan Riswanto, I. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel AHASS Gumilang Motor Rajagaluh Kabupaten Majalengka, Jurnal Syntax Idea, 1(6), 93-118.
Vinci, Maharani, 2014., Manajemen Bisnis Eceran, Sinar Baru Algensindo. Bandung
Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 510-521.
Wiyasa MS, I. G. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Kesetiaan Pelanggan Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Moderating Pada Pelanggan Kedai Kopi “Simple Group” Di Surabaya Dan Gresik (Doctoral dissertation, Universitas 17Agustus 1945 Surabaya).
Jufrizen, J., dan Radiman. (2010 ). Efektivitas Budaya Organisasi Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Beberapa Rumah Sakit Pemerintah Di Kota Medan). Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 10(1), 44-67.
Khairun Rozikin, 2012, Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan Unit Kebun Pabatu. Skripsi, FE: Universitas Sumatera Utara.
Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo (2013). Perilaku Organisasi. Terjemahan Erly Suandy, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat
Luthans, Fred. (2006) Perilaku Organisasi, Edisi sepuluh, Yokyakarta : Andi
Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, (2010). Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan Kedua, Bandung: PT Refika Aditama.
Mathis, Robert L dan Jhon H. Jackson. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku II, Penerjemah : Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie, Jakarta : Salemba Empat.
Nasution, M. I. (2017). Pengaruh Stres Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Medical Representative. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen. 7(3), 407-428.