The influence of service quality on customer satisfaction at Kopi Sadis Medan cafe
Keywords:
Service quality, guest satisfactionAbstract
The purpose of this study is to find out whether service quality affects customer satisfaction at Kopi Sadis Café Medan. The sample of this study was 106 people. Data analysis with Simple Regression test with model specification (classic hypothesis test), hypothesis testing with coefficient determination test (R2) gave an R value of 0.422, which means that there is a fairly close relationship between service quality and customer satisfaction. Kopi Sadis Café Medan or 42.2% and the test part (t-test), while SPSS is used to process the data. The research results show that service quality can explain the existence of the customer satisfaction variable, except that service quality partially and significantly affects customer satisfaction.
Downloads
References
P. K. Pelayanan and F. D. A. N. Lokasi, “Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Graha Dinar Bogor The Effect Of Service Quality , Facilities And Location On The Perkembangan bisnis jasa di Indonesia , salah satunya pada perusahaan perhotelan . Salah satu fungsi terpenting perusahaan perhotelan yan”.
N. Nurlina, Y. S. Pratama, and P. Andiny, “Strategi Pengembangan Industri Pariwisata ( Studi Kasus Objek Wisata Pulau Rukui Kabupaten Aceh Tamiang ) Tourism Industry Development Strategy ( Case Study of Rukui Island Tourism Attraction , Aceh Tamiang Districts ),” vol. 13, no. 28, pp. 1–14, 2022, doi: 10.33059/jseb.v13i1.3195.
U. P. Arianto, Nurmin, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepuasan san loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa hotel rozen kedaton bogor. Skripsi, “Arianto, Nurmin, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepuasan san loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa hotel rozen kedaton bogor. Skripsi, Universitas Pamulang”.
F. Maryati and N. E. Husda, “Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Holiday Hotel Di Kota Batam,” Magisma J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 8, no. 1, pp. 19–26, 2020, doi: 10.35829/magisma.v1i1.65.
A. Zikri and M. I. Harahap, “Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera,” J. Ilmu Komputer, Ekon. dan Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 129–138, 2019.
I. Krisdayanto et al., “Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan,” J. Manage., vol. 4, no. 4, 2018.
J. Runtunuwu et al., “pengaruh kualitas pelayanan dan brand image terhadap kepuasan pelanggan,” unitomo Press, vol. 2, no. 3, pp. 128–135, Sep. 2022, doi: 10.36778/jesya.v6i1.887.
R. A. Laras Prastianty Ramli, I. Nur Agustiani, and R. Yanto Batara Silalahi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap di Travelodge Hotel Batam,” Tour. Sci. J., vol. 7, no. 1, pp. 97–112, 2022, doi: 10.32659/tsj.v7i1.153.
E. Annistica F. B. & Prastyo, “Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta,” J. Hosp. dan Pariwisata, pp. 4(1), 20, 2019.
A. A. Saputra, “Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 72–89, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/
E. Revida et al., Manajemen Pariwisata, 1st ed. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2022.
Dewandi, Y. Kasih, and I. Cholid, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Emilia Palembang,” pp. 1–6.
Y. Yulia, “Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Asosiatif,” Repos. STEI, no. 2007, pp. 45–61, 2019.
Sinollah and Masruro, “Pengukuran Kualitas Pelayanan Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Terciptanya Loyalitas Pelanggan,” J. Dialekt., vol. 4, no. 1, pp. 45–64, 2019.
Wahyuni, “pengaruh kualitas pelayanan fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen di hotel maya ubud resort & spa,” j. Ilm. pariwisata, vol. 18, 2022.