THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRICE PERCEPTIONS AND PROMOTIONS ON CONSUMERS' PURCHASE INTEREST IN BEAUTY PRODUCTS IN THE SOCIOLLA APPLICATION

Authors

  • Deva Safrina Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nasional Jakarta
  • Suadi Sapta Putra Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nasional Jakarta
  • kumba.digdo@civitas.unas.ac.id Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nasional Jakarta

Keywords:

Brand Image, Price Perception, Promotion, Purchase Intention

Abstract

The research aims to analyze the influence of brand image, price perception, and promotion on consumer buying interest in beauty products on the Sociolla application. The research source uses primary data, namely questionnaires, this research data was given to 87 respondents. This research uses a purposive sampling method. The data analysis technique used is multiple linear regression and hypothesis testing using t-statistics processed in SPSS 23. The results show that brand image has an effect but not significant on buying interest, price perception has an effect but not significant on buying interest, and promotion has a positive effect and significant to buying interest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.APrimantari, B. D. A., & Ni Made Purnami. (2018). Pengaruh Promosi, Gaya Hidup, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Taksi Online Blue Bird. Sekolah Tinggi Ilmu (STIE) Ekonomi Triatma Mulya, 23, 75–88.

Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran Kfc Cabang Khatib Sulaiman Padang.

Afwan, M. T., & Santosa, S. B. (2019). analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (studi pada konsumen mebel madina di kota banjarnegara). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 8.

Aji Kusnandri, Muhammad Mansur, M. H. (2018). pengaruh direct marketing, sales promotion dan persepsi harga terhadap minat beli konsumen. Jurnal Riset Manajemen, 7.

Akbar, A. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 8.

Bakti, U., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22.

Binalay, A. G., Mandey, S. L., & Mintardjo, C. M. O. (2016). pengaruh sikap, norma subjektif dan motivasi terhadap minat beli secara online pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11607

Cahyono, E. (2018). pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone merek oppo di sleman daerah istimewa yogyakarta.

JBMA, v.

Cece, I. Sen. (2015). pengaruh brand origin, brand ambassador dan brand image terhadap minat beli sepatu macbeth di sogo galaxy mall surabaya. E-Jurnal Manajemen KINERJA, 1.

Dama, D. (2016). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam memilih laptop acer di toko lestari komputer manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10915

Elisabet Tambunan, S. M. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mahasiswa Farmasi Pada Kosmetik Wardah Di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah” INTEGRITAS”, 5.

Hakim, A. L., Arifin, R., & Wahono, B. (2018). pengaruh kualitas sistem informasi, harga, promosi, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pengguna jasa grab pada mahasiswa feb universitas islam malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(2). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/1176

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud. Barelang Tani Jaya Batam. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan

Manajemen), 6, 37–53.

Halim, N. R., & Iskandar, A. (2019a). pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.291

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019b). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Persaingan Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4, 415–424.

Hardiansyah, R. (2019). pengaruh suasana toko, lokasi dan promosi terhadap minat beli di toko roti morning bakery. Jurnal Bening Prodi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam, 1.

Hasugian, J. T. M. (2015). Pengaruh brand image dan brand trust Terhadap brand loyalty TELKOMSEL. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3, 923–937.

Irawan, M. R. N. (2020). pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada pt. satria nusantara jaya. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5.

Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.).

Kurniawan, H. H. (2017). pengaruh perceived quality terhadap brand loyalty melalui mediasi brand image dan brand trust. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2). https://doi.org/10.26905/JBM.V4I2.1703

Kusdyah, I. (2012). persepsi harga, persepsi merek, persepsi nilai, dan keinginan pembelian ulang jasa clinic kesehatan (studi kasus erha clinic surabaya).

Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25–32. https://doi.org/10.9744/PEMASARAN.7.1.25-32

Leksono, R. B., & Herwin. (2017). pengaruh harga dan promosi Grab terhadap Brand Image yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pengguna transportasi berbasis online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2, 381– 390.

Meitharani, R. L., & Santosa, H. P. (2016). Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House. Interaksi Online, 5.

Muharam, W., & Euis Soliha. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank.

Muzaki, A. (2019). dampak kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online di tokopedia (studi pada masyarakat di kabupaten lumajang).

Nanincova, N. (2019). pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. 7(2).

Ningrum, I. T. J., & Nilowardono, S. (2016). Pengaruh event dan brand image terhadap minat beli produk rokok Sampoerna A Mild pada PT HM Sampoerna area marketing Surabaya. Jurnal Manajemen Kinerja, 2, 57–69.

Oktaviani, P., & Lestari, R. (2017). pengaruh celebrity endorser, tagline dan citra merek terhadap kesadaran merek konsumen facial foam pond’s di smk al- makmur ciganjur jakarta selatan. Oikonomia, 13.

Oscar, Y., & Keni. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(20–28).

P, Ajeng Ayu FatimahPENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, P.

H. T. K. P. (Studi K. pada P. S. N. C. G. M. S. K. P., & Soedarmadi. (2020). pengaruh brand image, kualitas produk, persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada produk susu natursoya cv. global mandiri sejahtera kanca purwodadi). Majalah Ilmiah Solusi, 18.

Pamela, Montung, Sepang, J., & Adare, D. (2015). pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggandi restoran kawan baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://journal.ubm.ac.id/index.php/business-applied- management/article/view/870

Prakarsa, S. (2020). pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di optic sun’s. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5, 1–4.

Prawira, Y. (2019). pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap minat beli pelanggan. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN/, 3, 71–76.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS (P. C. Ambarwati (ed.)). WADE GROUP.

Razak, I. (2016). pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli pelanggan indihome di propinsi dki jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(2). https://doi.org/10.35137/JMBK.V4I2.39

Retnowulan, J. (2017). pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli smartphone xiaomi. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2541/1741

Ritonga, H. M., Fikri, M. El, Siregar, N., Agustin, R. R., & Hidayat, R. (2018).

Manajemen Pemasaran: Konsep dan Strategi. CV. Manhaji.

RITONGA, M., IRAWAN, & FIKRI, M. EL. (2017). faktor manajemen biaya dan manajemen pemasaran terhadap pendapatan melalui intensitas produksi pada ukm industri rumahan di kota binjai. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/115

Rivai, A. R., & Wahyudi, T. A. (2017). Pengaruh persepsi kualitas, citra merek, persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepercayaan dan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 4(1), 29–37.

Salimun, & Sugiyanto. (2019). pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada rumah makan begal (bebek galak). Proceedings Universitas Pamulang, 1.

Sari, D. Y., Tjahjaningsih, E., & Hayuningtias, K. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Proses Keputusan Pembelian Kapur Barus Merek Bagus (Studi Pada Konsumen Giant Bsb Semarang). Prosiding SENDI_U.

Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya pada minat pembelian ulang konsumen keretaapi kelas eksekutif argo parahyangan. Oikonomia, 15.

Septanto, A. F., MM, A. T. H. S., & MM, D. C. H. (2018). Pengaruh Kualitas

Produk, Citra Merk, Persepsi Harga Terhadap Emotional Response Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Komparatif Terhadap Produk Adidas dan Nike). Journal of Management, 4.

Septiani, F. (2018). Pengaruh Promosi Dan Produk Terhadap Minat Beli (Pada Pt.

Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). JURNAL MADANI, 1.

Subagiyo, R. S. R. (2016). pengaruh brand image terhadap keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan di bmt sahara tulungagung. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1). https://doi.org/10.35891/ML.V8I1.360

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (22nd ed.). Penerbit Alfabeta. https://id1lib.org/book/5687169/57cc5a

Unonongo, W., Warouw, D., & Tulung, L. (2015). Fungsi promosi dalam meningkatkan daya beli gadget Samsung di Kota Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4.

Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3.

Weenas, J. R. S. (2013). kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian spring bed comforta. Jurnal

EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2741

Wulandari, K. (2021). pengaruh brand image, brand trust, dan iklan terhadap minat beli konsumen produk kosmetik (studi pada pengguna e-commerce sociolla). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 09.

Yanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3.

Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebagai variabel moderator (Survei konsumen pada jejaring sosial). Junral Manajemen, 8.

Yuniar, S. A., & Basuki, R. S. (2021). pengaruh desain kemasan dan brand image terhadap minat beli produk kosmetik emina (studi pada mahasiswi d4 administrasi niaga politeknik negeri malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1), 113–116. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/412

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Deva Safrina, Suadi Sapta Putra, & kumba.digdo@civitas.unas.ac.id. (2023). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRICE PERCEPTIONS AND PROMOTIONS ON CONSUMERS’ PURCHASE INTEREST IN BEAUTY PRODUCTS IN THE SOCIOLLA APPLICATION. Jurnal Ekonomi, 12(04), 2248–2260. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/3419

Most read articles by the same author(s)