THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY AND PRICE PERCEPTION ON THE COMPETITIVENESS OF ORIFLAME PRODUCTS IN JAKARTA

Authors

  • Rika Indriani Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nasional Jakarta
  • Suadi Sapta Putra Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nasional Jakarta
  • Kumba Digdowiseiso Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nasional Jakarta

Keywords:

Brand Image, Product Quality, Price Perception, Competitiveness

Abstract

This research aims to determine the influence of brand image, product quality and price perception on the competitiveness of Oriflamme products in Jakarta. The sample in this study was 100 respondents who had used Oriflame products. This research uses primary data with data collection methods through questionnaires distributed to 100 respondents. The data analysis technique uses inferential analysis with multiple linear regression and uses the Statistical Product and Service Solution (SPSS) Version 23 program. The results of multiple linear regression analysis show that the brand image variable (X1) has an influence of 0.154 or 15.4%, The product quality variable (X2) has an influence of 0.142 or 14.2%, the price perception variable (X3) has an influence of 0.316 or 31.6% on competitiveness. Thus, it can be concluded that brand image variables, product quality variables and price perceptions influence product competitiveness together.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., & Semarang, U. N. (2014). Analisis Daya Saing Kedelai Indonesia. In JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.15294/jejak.v7i2.3894

Kuliner, U., & Kota, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mepengaruhi Daya Saing. 2(2), 142– 152.

Purwanto, A., Saifuddin, M. P., Kotamena, F., Asbari, M., Santoso, P. B., Ramdan, M., Sulistiyadi, A., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., Sihite, O. B., & Pramono, R. (2020). Pengaruh Penerapan SVLK, FSC, PEFC Terhadap Daya Saing Industri Kertas di Jawa Tengah. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 49–57.

Sutrisno, W., & Cokro, S. (2018). Analisis Pengaruh Edupreneurship Dan Mentoring Terhadap Peningkatan Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 5(1), 114.

Mahawira, B. ketut, & Asih, K. sri. (2020). e-ISSN 2716-4381 (media online) Journal Research Management (. 02(1), 90–101.

Mindari, E. (2022). (12,090) > f. Pengaruh Kualtas Produk, Persepsi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Service Point Oriflame 1774 Sekayu, 13, 131–146.

Meutia, R. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Perpindahan Merek (Studi Kasus pada Produk Oriflame di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 770–777.

Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(2014), 1–15.

Adnansari, T. (2018). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, CITRA MEREK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP DAYA SAING BANK BNI SYARIAH DI KOTA TANGERANG SELATAN.

Putra, rifaldi permana. (2020). KUALITAS PRODUK DAN KEBERLANGSUNGAN PASOKAN PENGARUHNYA TERHADAP DAYA SAING NANAS ”SI MADU”.

AGA, O. N. L. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP DAYA SAING DENGAN BRAND SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA BUTIK IBU SUPARNI). 1–14.

Majid, H. M. N., Ag, S., Si, M., & Kurniawan, B. (2020). Meningkatkan Daya Saing Pada Usaha Jakoz Oleh-Oleh Khas Jambi Putri Wulandari N Nim : Ees160540 Pembimbing Universitas Islam Negeri Jambi Tahun 2020.

Aisyah Aura, 152040123 (2019) PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP TINGKAT DAYA SAING PADA ORANGE GYM DI KOTA BEKASI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS http://repository.unpas.ac.id/45253/

Wibowo Radna A, MANAJEMEN PEMASARAN Edisi 1, Semarang University

Fakulty, E. (n.d.). Upaya meningkatkan daya saing produk umkm di kampung wisata tegalwaru kabupaten bogor.

Octa, Nilam Lukkita Aga (2018) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Daya Saing dengan Brand Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Butik Ibu Suparni). Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Shiendeqi Ryan Ghifary (2021) PENGARUH KEMASAN, VARIASI PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEDAP DI INDOMARET PANJER DENPASAR SELATAN

Sianturi, A. H. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Mascara Maybelline Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 44–48.

Strategi, A., Produk, D., Layanan, K., Citra, D. A. N., Terhadap, M., Bersaing, K., … Manado, O. (n.d.). Kantor Cabang Utama Manado Analysis The Strategy Of Product Differentiation , Service Quality , And Brand Image Towards The Competitive Advantage In Pt . Bank Central Asia , 5(3), 3845–3854.

Ginasti, G. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame, 4(1), 1–2. Retrieved from

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Rika Indriani, Suadi Sapta Putra, & Kumba Digdowiseiso. (2023). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY AND PRICE PERCEPTION ON THE COMPETITIVENESS OF ORIFLAME PRODUCTS IN JAKARTA. Jurnal Ekonomi, 12(04), 2312–2324. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/3425

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2